3 Profesi Favorit "Cita-citaku"

7:20 PM

Mendengar kata cita-cita, pasti langsung ingat lagunya si boneka Susan dan Ria Enes.
Susan,Susan,Susan. Kalau gede mau jadi apa?
Aku kepingin pinter biar jadi dokter
Kalau kalau benar jadi dokter
Kamu mau apa?
Mau suntik orang lewat
Jus jus jus

Cita-citaku (cita-citaku)
Kepingin jadi dokter
Cita-citaku (cita-citaku)
Kepingin jadi Insinyur

Hayoo,,masih ingat ga sama lagu itu??
Ingat ga dari waktu masih TK pasti selalu ditanyain, "cita-cita kamu apa?"
Dan ternyata setelah melakukan survey kecil-kecilan, hasilnya sangat mengejutkan. Dari sekian banyak profesi ternyata profesi Penulis bukanlah profesi favorit yang dijadikan sebagai cita-cita.

Survey terhadap 50 orang anak TK (teman anak saya,,;D ), dengan pertanyaan " apakah cita-citamu?" Hasilnya tak satupun yang menjawab Penulis. 

Survey terhadap 50 orang yang terdiri dari anak usia SD, SMP dan SMA dengan pertanyaan yang sama, ternyata hasilnya juga sama. Walaupun jawabannya sudah mulai beragam profesi, tetap saja tak satupun yang menyebut profesi Penulis sebagai cita-cita mereka. Apakah karena mereka belum familiar terhadap profesi Penulis ? Itu memang salah satu alasannya. Dari anak TK yang saya survey, saya menanyakan "mau ga jadi penulis?" hayoo tebak apa jawaban mereka? Hehehe...saya malah ditanya balik oleh mereka. "Emang penulis itu apa sih?" Ternyata eh ternyata...mereka ga tau tentang profesi Penulis.

Sedangkan yang dari SD, SMP dan SMA dengan pertanyaan yang sama mengenai penulis, saya mendapatkan jawaban yang beragam. Tetapi kalau disimpulkan mengapa mereka tidak mau menjadi penulis, dikarenakan mereka tidak bisa menulis, tidak terbiasa menulis dan takut dengan dikejar-kejar dateline mengumpulkan tulisan. Dalam pikiran mereka profesi penulis dibutuhkan kreatifitas dan inovasi yang tinggi. Serta identik selalu dikejar dateline,harus mengumpulkan tulisan tepat waktu.

Berdasarkan survey yang saya lakukan terdapat 3 profesi yang mereka jadikan cita-cita. Berikut ini adalah 3 profesi favorit untuk dijadikan cita-cita:
  1. Dokter. Entah apa karna sudah terdoktrin oleh lagunya Susan dan Ria Enes atau memang karena pengaruh orang tua. Diawali dengan main dokter-dokteran dengan mainan yang sudah banyak dijual di pasaran. Alasan mereka ingin jadi dokter karena supaya bisa mengobati orang yang sakit. Menurut mereka profesi dokter itu adalah orang-orang pinter.
  2. Guru.  Hal ini disebabkan karena setiap hari mereka bertemu dengan profesi guru. Setelah pulang pun mereka bermain peran menjadi guru dan murid. Tidak heran banyak yang ingin menjadi guru.
  3. Polisi/ Tentara. Profesi ini menarik untuk mereka karena seragamnya yang terlihat keren dan gagah. Alasannya mereka mengatakan ingin jadi polisi / tentara karena ingin menangkap semua penjahat yang ada di Indonesia. Dari jawaban itu saya malah bertanya dalam hati, berarti menurut mereka Indonesia banyak sekali penjahatnya. atau mungkin mereka berpikiran banyak penjahat yang berkeliaran di luar sana yang tak bisa ditangkap. Sampai-sampai mereka ingin menangkapnya.
Terdapat kecenderungan merubah cita-citanya terutama pada saat TK, SD dan SMP. Biasanya pasa saat mereka sudah SMA, mereka sudah tau, mau jadi apa sesuai kemampuan dan minat mereka. Hal ini menyebabkan cita-cita pada masa SMA cenderung sudah tidak mengalami tidak berubah lagi.

Nah,,sekarang apa cita-citamu?? apapun cita-citamu, smoga membuatmu selalu dalam kebahagiaan dan kesuksesan.




You Might Also Like

14 komentar

  1. Kalau dulu saya bercita-cita ingin jadi penyihir. Penyihir yang baik hati.

    ReplyDelete
  2. Penulis atau blogger mungkin masih asing buat anak2 kali ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mb aprilia...belum beken kayaknya nih profesi penulis..

      Delete
  3. Kalau saya dulu cita citanya jadi guru.... eh habis itu beralih jadi penjual di warung. Hihihi. Kalo anak saya dulu pas msh kecil ditanya cita2nya pengen jd artis hihi... terus anak saya yg kecil sekarang cita2nya mau jd guru😊😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang guru seperrinya masih terus akan jadi favorit yaa mb rita...termasuk saya.

      Delete
  4. Saya waktu kecil cita-citanya pengen jadi komikus atau sutradara film, hehehe. Berarti termasuk golongan anti-mainstream donk? Wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Kalo saya dulu cita-citanya mau jadi detektif :)) Akibat kebanyakan baca trio detektif, detektif Conan, lima sekawan, dsb..hehehe

    ReplyDelete
  6. Citacitata eh citacitaku Dari dulu sbenernya 3P, sejak SMP lhooo..

    Penyiar, penulis, psikolog
    P pertama achieved
    P kedua minimal penulis status Fb haha
    P ketiga seems so far away.. Males kuliah lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses mb natazya..itu bagusnya punya byk cita2. Setdknya ada 1 yg ksampean.

      Delete
  7. Dr kecil kl disuruh ngisi buku biodata teman2..pastinya nulis di bagian cita-vita apakah insinyur...dan ya beneran deh jadi sarjana tennis pupil hehehehe

    ReplyDelete
  8. heheh dulu saya pengen jadi dokter. tapi ga kesampaian. alhamdulillah diganti dengan kerjaan yang ada di lingkungan kedokteran.. ;) dan sekarang pengen jadi penulis/cerpenis.. hhehe sdg berjuang

    ReplyDelete
  9. Tuuuh kan mb dedeph...masuk ke kategori ini. Hehe...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.

Blogger Crony

Blogger Crony

Blogger Reporter ID

Blogger Reporter ID

ID Corner

ID Corner

Blogger Perempuan

1 Minggu 1 Cerita

1 Minggu 1 Cerita

Blogger Muslimah

Blogger Muslimah

Komunitas Emak-emak Blogger

Komunitas Emak-emak Blogger