Etika yang Entah Kemana

9:51 PM


Ketika anak tak beretika, siapa yang harus disalahkan??  Mencari siapa yang salah bukanlah solusi untuk merubah anak menjadi yang beretika dan sopan santun.

Yang seharusnya dicari adalah apakah yang menyebabkan anak teesebut menjadi tidak beretika. Karena setiap perilaku dan sifat anak ada penyebabnya. Mengapa anak jadi pemarah,mengapa anak jadi periang dll semua ada sebab akibatnya. 

Setelah kita mengetahui penyebabnya barulah qt mencari solusi untuk mengatasinya. Apabila yang menyebabkan anak teraebut menjadi tak beretika adalah keluarga,berarti hubungan antar anggota keluarga yang haris diperbaiki. Apabila penyebanya ada di lingkungan teman sepermainan,maka lebih baik mengganti teman yang membawa ke arah yang positif. Dan masih banyak penyebab lainnya. Bahkan terkadang sikap orang sekitar yang berlebihan juga akan menyebabkan anak menjadi tak beretika. 

Karena semua yang berlebihan pasti akan berakibat tidak baik. Terlalu sayang sama anak,terlalu galak sama anak, dan serba terlalu pasti tidak akan baik untu mental anak. 

Terkadang orang tua saling salah menyalahkan. 

Dari penyebab, lalu mencari solusi, penyelesaian terakhir adalah eksekusi. Tindakan untuk memperbaiki etika yang harus disertai dengan pemeliharaan etika anak tersebut secara kontinyu.


You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.

Blogger Crony

Blogger Crony

Blogger Reporter ID

Blogger Reporter ID

ID Corner

ID Corner

Blogger Perempuan

1 Minggu 1 Cerita

1 Minggu 1 Cerita

Blogger Muslimah

Blogger Muslimah

Komunitas Emak-emak Blogger

Komunitas Emak-emak Blogger