Menjelajah Negeri Orang Sendirian. Siapa Takut?

10:49 PM


"Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina"  sebuah peribahasa yang menggambarkan betapa pentingnya melakukan perjalanan ke negeri orang.

Karena belum mampu waktu dan biaya untuk ke negeri Cina, saya menuntut ilmu dulu deh di Kelas Blogger. Kebetulan Kelas Blogger 13 materinya tentang traveling nih. Siapa tahu setelah belajar di Kelas Blogger, saya menjadi tahu bagaimana caranya ke Cina. *hehehe..

Sepertinya saya sudah kecanduan ikut Kelas Blogger. *hehehe...gak pa pa yaa agak lebay. Tapi memang benar lho, Kelas Blogger itu nyandu banget. Berikut adalah kekuatan candu yang dimiliki Kelas Blogger menarik para blogger untuk ikut acaranya:
  • Orang-orang yang ada di Kelas Blogger seru-seru semua. Sebut saja sang Kepala Sekolah yaitu mas Syaifudin Sayuti blogger senior yang telah lama malang melintang di dunia pembloggeran tapi tetep baiknya gak ketulungan. Ketua Kelas Blogger 13 bernama MH Kholis yang expert di bidang sastra, mba Hermini blogger yang setiap caption di medsos kalimatnya selalu cetar membahana, kang Arul yang terkenal dengan quotes lucunya.
  • Proses belajar di Kelas Blogger menyenangkan. Jangan bayangkan kalau susasananya seperti di kelas-kelas belajar pada umumnya. Karena walaupun kami belajar tetapi proses belajarnya seperti rumpi-rumpi syantik. Duduknya pun selonjoran tak dipermasalahkan. Sambil canda tawa hingga acara Kelas Blogger selesai.
  • Peserta Kelas Blogger sengaja dipilih yang belum pernah terpilih di Kelas Blogger sebelumnya dan yang jarang mendapat kesempatan ikut event blogger di komunitas lain. Karena biasanya setiap ada event blogger, yang diundang blogger yang senior yang femes dan followers medsosnya bejibun. Sedangkan saya termasuk blogger newbie yang jauh dari itu. Seakan hanya Kelas Blogger yang bisa menerima saya apa adanya. *hehehe...
  • Materi belajarnya sengaja dipilih yang para blogger butuhkan. Narasumbernya juga dipilih yang piawai dan hits di bidangnya.
  • Hanya di Kelas Blogger yang tadinya siswa bisa menjadi narasumber. Terbukti di Kelas Blogger 13 narasumbernya merupakan salah satu siswa dari Kelas Blogger terdahulu.
Dari semua alasan di atas, membuat kegiatan Kelas Blogger selalu ditunggu-tunggu. Justru pendaftarannya ngantri walaupun via online registrasinya.

Kelas Blogger 13 yang diadakan di apartemen menteng square lebih tepatnya di gedungnya Nutrifood Inspiring Center. Yaitu salah satu kantornya Nutrifood. Bukan kantor utamamya, melainkan kantor yang hanya beberapa kali didatangi karyawan Nutrifood dalam seminggu. Jadi daripada mubazir, nutrifood memperbolehkan berbagai macam komunitas menggunakan gedung tersebut. Wiiiih,,baiknya nutrifood!!

Sering mendengar Nutrifood kan?? pasti dong... secara perusahaan ini sudah menghasilkan produk-produk yang sangat dicintai konsumen. Berikut hanya sebagian foto-foto produk Nutrifood.


Selain tempatnya yang nyaman homy dan instagram-able, narasumbernya pun kece badai. Narasumber Kelas Blogger 13 kali ini adalah kak Agil Jolie. Kalau aktif di media social pasti sudah kenal sosok beliau. Sosok yang lucu, kocak, dan tak ada istilah sombong walaupun telah mengelilingi dunia.

"Keliling dunia?", pasti langsung tanya begitu. Yuuup,, tidak salah baca kok. Agil Jolie ini merupakan seorang single traveler. Mengapa Narasumbernya seorang traveler? Yaa karena Kelas Blogger 13 mengusung tema "How to be a single traveler". 

Travel Blogger memang mulai hits akhir-akhir ini. Jadi tidak heran kalau Kelas Blogger 13 mencoba memberikan ilmu dan sharing pengalaman mengenai How to be a single traveler. Semua mengenai perjalanan kak Agil Jolie dikulik habis-habisan di Kelas Blogger 13. Selain itu tips dan trik untuk traveling terutama ke luar negeri yang hemat. Walaupun simple pembahasannnya, tetapi ternyata banyak hal yang tak pernah terfikir oleh kita. 

HOW TO BE A SINGLE TRAVELER
Traveling ke negeri orang pasti banyak hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan. Apalagi kalau mau traveling sendirian yang disebut "single traveler"  seperti kak Agil Jolie.
"Yang harus dipersiapkan pertama kali sebelum traveling adalah mental, mental, dan mental" tutur kak Agil Jolie memulai rumpian syantik Kelas Blogger 13 .
Rumpian syantik Kelas Blogger 13 materinya secara garis besar terbagi dua, yaitu mengenai persiapan sebelum traveling dan hal-hal yang harus diperhatikan selama traveling. Dan itu semua adalah pengalaman kak Agil Jolie.

Berikut ini adalah tips-tips Neng Raisaaah (Agil Jolie menyebut ia sendiri dengan panggilan itu ) dalam mempersiapkan traveling: 
  • Cari info sebanyak-banyaknya. Harus mencari informasi sedetail mungkin tentang perjalanan traveling yang akan dilakukan seperti tujuan wisata, kebiasaan dan budaya daerahnya, penginapan, akomodasi dan lain-lain.  Kak Agil Jolie sampai membuat time table. Ia membuat time table sangat rinci. Dari tujuan wisata, hingga jadwal waktu transportasi disekitar tempat wisata yang dituju. Alur dari mana, kemana, bagaimana dan berapa ongkosnya harus jelas secara rinci.
  • Urus Visa dokumen yang diperlukan jauh-jauh hari, fotokopi pasport, KTP, dan asuransi perjalanan. Hal ini perlu dilakukan supaya perjalanan terjamin kenyamanannya. 
  • Pilih tanggal yang tepat. Karena kalau tanggalnya kurang pas, misalnya pada saat liburan, pasti tempat wisata akan ramai sekali. Lebih nyaman kalau tidak saat liburan.
  • Tentukan jalur udara atau darat. Hal ini penting karena bisa menghemat biaya dan pasti akan menambah keseruan perjalanan. Contohnya kak  Agil Jolie  dari Indonesia dengan tujuan Afrika naik pesawat. Kemudian lanjut ke Eropa lewat darat.
  • Harus tahu "main object" yang akan dikunjungi. Harus cari informasi sejelas-jelasnya mengenai tujuan utama kita. 
  • Pelajari musim, cuaca dan topografi daerah yang akan dikunjungi. Hal ini penting untuk menentukan pakaian yang akan dibawa.
  • Bawa barang bawaan secukupnya dan seperlunya. Karena kalau terlalu banyak pasti akan kerepotan sendiri saat diperjalanan. Selain itu, ada beberapa negara yang mempunyai peraturan yang berbeda dengan Indonesia. Misalnya tongsis. Ternyata ada lho, negara yang melarang wisatawan bawa tongsis.
Selain tips mempersiapkan traveling, kak  Agil Jolie juga memberikan tips dan trik selama perjalanan yaitu:
  • Bawa dompet jangan terlalu besar. Dengan alasan kalau dompetnya besar akan makan banyak ruang dalam tas dan akan memancing para rampok. Malah kak  Agil Jolie hanya membawa dompet sayur, begitu ia menyebutnya. Dompet tipis yang biasa dibawa mbak-mbak saat belanja sayur. Menyimpan uang juga tidak boleh di satu tempat. Harus dibagi-bagi misalnya, ada yang di badan, tas ransel dan tas. Untuk mencegah bila dirampok tasnya masih ada duit yang ditempat lain.
  • Jangan salah kostum, perhatikan musim yang sedang berlangsung di tempat tujuan.
  • Harus bawa berkas-berkas penting lengkap beserta fotokopiannya yaitu pasport, ktp, asuransi. Dan harus dibawa di tempat yang aman. Kak Agil Jolie menyimpan berkas-berkas penting tersebut dan sebagian uangnya di baju yang biasa dipake untuk haji yang diselipkan di dada. Tetapi saat tidur biasanya ditaruh dibawah bantal. 
  • Harus SKSD. Ini bermanfaat untuk menghemat biaya perjalanan. Terbukti kak Agil Jolie mendapatkan banyak gratisan dari SKSD.
  • Jalan kaki dan naik angkutan umum akan menghemat biaya perjalanan. Selain itu dengan jalan kaki akan memudahkan kita mengingat rute dan memperkecil kemungkinan tersesat.
  • Jangan samakan biaya perjalanan kita dengan irang lain. Karena setiap pribadi pasti berbeda kebutuhan dan jeinginan dalam perjalanan. 
  • Untuk dapat tumpangan penginapan busa menggunakan link coucch surfing.
  • Kalau mau belanja di Eropa, jangan dihari Minggu, karena toko-toko tutup.
  • Jangan pernah menyesal kalau tersesat. Nikmati saja. Karena dengan tersesat akan menambah tujuan wisata kita.
Waduuuh, maaf sepertinya tulisan saya kepanjangan. Memang tak ada habisnya kalau ngerumpi syantiik dengan kak Agil Jolie di Kelas Blogger 13, di Nutrifood Inspiring Center.

Kesimpulan saya, jangan pernah takut menjelajah negeri orang sendirian. Walaupun kemampuan bahasa inggris kurang sekalipun. 

Sampai ketemu di Kelas Blogger berikutnya!!
We Write and share because we care.....
Salam Kelas Blogger!!!

You Might Also Like

11 komentar

  1. Panjang nye, aku baca dari atas sampai bawah, ntar kalau ada Kelas Blogger lagi kita ikutan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...knapa panjang? Habis saya bingung, menurut saya acaranya seru banget dari awal sampe akhir. Penginnya diceritain semuanya.

      Delete
  2. Tetep ya, kelas blogger akan dinanti dan dihati. Materinya ringan tapi tetep dibutuhkan utk blogger seperti kita. Ilove kelas blogger, i love travelling

    ReplyDelete
  3. Satu lagi tambahan. kalo jalan-jalan ke luar jangan lupa bawa saus/sambal saset soalnya kebanyakan menu diluar nggak cocok di lidah terutama bumbunya.. minimal bisa kita tambahin perasa sesuai keinginan pake sambal saset.. ini pengalamanku di manila (Philiphina) saus disana rasanya kecut sama kayak sayur berlendir, aku beli saus di swalayan sana ternyata kecut juga.. dan itu emang rasa saus disana.. perbedaan lidah yang kadang bikin gak betah diluar heheheh

    ReplyDelete
  4. Tips dari Agil Jolie sangat bermanfaat walau aku ga seberani dia sendirian ke luar negeri. Semoga tahun depan berani deh...takut dirampok kayak dia wkwk

    ReplyDelete
  5. Waah aku pikir Agiel Jollie itu cewek he he he, seruu bisa sampe ke Africa, tapi kalau untuk cewek, single traveller itu gak semudah yang dibayangkan juga sih :D memang harus kuat mental, pertama kali solo trip ke LN, saya masih di seputaran asia .. eh entah setelah menikah kok jadi parno ya mau Solo trip xi xi xi

    ReplyDelete
  6. yang disiapkan sih mental..kalo dari awal udah cemas duluan..berangkat juga jadi ragu-ragu,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang itu yang dikatakan kak agil jolie mb. Memulai acara kak agil jolie langsung bilang yg harus dipersiapkan adl mental, mental & mental.

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.

Blogger Crony

Blogger Crony

Blogger Reporter ID

Blogger Reporter ID

ID Corner

ID Corner

Blogger Perempuan

1 Minggu 1 Cerita

1 Minggu 1 Cerita

Blogger Muslimah

Blogger Muslimah

Komunitas Emak-emak Blogger

Komunitas Emak-emak Blogger