DUKUNG GERMAS: Hanya 3 Cara, Menjadikan Indonesia Sehat


Kualitas suatu masyarakat ditentukan oleh Kesehatan, Pendidikan dan Pendapatan. Masyarakat dikatakan tidak berkualitas apabila kesehatan masyarakatnya dalam tingkatan yang rendah. Berawal dari kesehatan pula, pendidikan dan pendapatan bertumpu. Betapa tidak, bila kita sering sakit, bagaimana akan menjalani proses pendidikan dengan baik? Apabila sering sakit, bagaimana bisa mendapatkan pendapatan yang tinggi?


Sadar betapa pentingnya kesehatan untuk kehidupan bangsa Indonesia, pemerintah Indonesia mencanangkan program Gerakan Masyarakat Hidup  Sehat (GERMAS).

PENGERTIAN, TUJUAN DAN TARGET PERILAKU GERMAS
Gerakan Masyarakat Hidup  Sehat (GERMAS) merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 

GERMAS merupakan gerakan yang telah dicanangkan sejak April 2016 dan telah di launching pada tanggal 15 November 2016 di Yogyakarta. GERMAS mempunyai tujuan meningkatkan derajat kesehatan penduduk, menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan dan meningkatkan produktivitas masyarakat.

GERMAS mempunyai target untuk merubah perilaku masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat. Merubah pola pikir masyarakat yang selama ini beranggapan bahwa "sehat itu mahal" menjadi "sakit itu mahal". Dengan berpikir bahwa "sakit itu mahal", maka masyarakat tidak akan mau sakit. Merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang sehat.

DUKUNG GERMAS
Untuk lebih mensosialisaikan GERMAS, KEMENKES mengadakan olahraga bersama di halaman kantor KEMENKES yang beralamatkan jalan HR.Rasuna Said Blok. X  Kavling 4-9 Jakarta.


Jum'at, 13 Januari 2017 KEMENKES mengundang para blogger untuk ikut olahraga bersama pegawai KEMENKES. Di acara tersebut, para blogger diajak senam dan jogging bersama, bergabung dengan para pegawai KEMENKES. 

Sebelum memulai acara, terlebih dahulu para blogger dipersilahkan untuk mencicipi jamu terlebih dahulu. Jamu merupakan minuman sehat asli Indonesia yang selalu ada di pojok gedung KEMENKES. 

Acaranya tidak hanya olahraga bersama saja. Setelah berolahraga bersama, para blogger diajak berbincang-bincang santai dengan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yaitu ibu Nila Moeloek. Ibu menteri Nila Moeloek menegaskan betapa pentingnya mendukung program GERMAS.

Setelah selesai bincang santai dengan bu menteri, para peserta acara tersebut diperbolehlan untuk cek kesehatan gratis. Tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan Indeks Massa Tubuh bisa langsung dicek. 
Bagi yang hobi belanja tak perlu khawatir. Dalam acara tersebut kita tetap bisa belanja. Belanja kebutuhan yang sehat, seperti buah-buahan dan ikan.
MENUJU INDONESIA SEHAT
"Menuju Indonesia Sehat" bukanlah slogan semata. Hal ini bukanlah impian belaka. Indonesia sehat pasti bisa.  Tidak sulit kok...Bagaimana caranya?

Berikut adalah 3 cara menjadikan Indonesia Sehat:
  • Rutin berolahraga. Memang mudah mengucapkan tetapi sangat sulit untuk memulai rutin berolahraga. Pasti selalu terucap "ah, besok sajalah!!". Apabila sulit untuk berolahraga rutin, solusi terbaiknya adalah dengan melakukan kegiatan fisik setidaknya 30 menit setiap harinya. Bahkan di lingkungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sudah dibiasakan setiap pukul 10.00 -14.00 WIB harus melakukan stretching. Dan setiap hari Jum'at di halaman kantor Kementrian Kesehatan Republik Indonesia diadakan olahraga bersama. Seperti senam dan jogging bersama. Kegiatan olahraga tersebut terbuka untuk umum. Siapapun boleh datang bergabung untuk berolahraga bersama.
  • Gaya hidup yang sehat. Mulai dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Utamakan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan air putih. Jauhi kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, makanan instan, narkoba dan lain sebagainya.
  • Cek kesehatan secara rutin. Sebaiknya lakukan cek kesehatan berupa cek tekanan darah, cek kadar gula darah, cek kolesterol dan Indeks Massa Tubuh (IMT) rutin setiap minimal 3 bulan sekali. Kebiasaan ini pun sudah dimulai di lingkungan Kemenkes. Cek kesehatan ini dilakukan satu kali dalam sebulan di hari Jum'at pagi. 
Mari dukung GERMAS, untuk Indonesia lebih sehat. Dengan membiasakan 3 cara mudah yang bisa dilakukan demi tercipta Indonesia sehat. Yuk,,kita mulai dari diri sendiri.


Tags:

Share:

6 komentar

  1. Saya pernah juga cek kolesterol, waktu itu normal,cuma obesitas ini. Bingung cara nurunin BB

    ReplyDelete
  2. Saya lagi mencoba kembali rutin oleh raga nih hehe.

    ReplyDelete
  3. wkwkw..ada tangan aku itu dijadiin model (pakai gelang etnik). Iya, mba memang penting banget hidup sehat karena kesehatan itu mahal banget harganya. aku kemarin ceck kolesterol 202, kelebihan dari batas normal 200. kebanyakan makan gorengan T.T

    ReplyDelete
  4. 3 cara simpel dan praktis.. semoga bisa rutin melakukannya

    ReplyDelete
  5. Wah itu sosialisasi yg bagus sekali support kesehatan masyarakat yang cenderung konsumtif saat ini ya. harapan bagus untuk hidup sehat dan bahagia.betewei saya blom difolbek Twitternyaa heheheπŸ˜πŸ˜‰

    Akun IG n Twitter : @cputriarty

    ReplyDelete
  6. Mau senam lagi sama dirimu, seru2 keringetan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.