Serunya MPASI Dengan SUN Ubi Ungu

11:46 PM


KEISTIMEWAAN ASI
ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi. Hingga 6 bulan pertama kehidupannya, bayi cukup diberikan ASI saja. Begitu banyak kandungan nutrisi yang ada di dalam ASI, yaitu Karbohidrat, Immunoglobulin A, Zat Besi, Protein, Beragam Vitamin, Lemak, dan Kalsium. 

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap di dalam ASI, tidak heran kalau selama 6 bulan pertama bayi sudah cukup hanya diberikan ASI saja. Tidak diperlukan makanan selain ASI. Untuk lebih meyakinkan lagi betapa istimewanya ASI, berikut adalah manfaat pemberian ASI Eksklusif pada bayi:
  • Mempererat hubungan antara anak dan ibu.
  • Mempertebal daya tahan tubuh.
  • Menambah kecerdasan.
  • Mengurangi resiko berbagai penyakit seperti diare, infeksi telinga, sembelit, asma, bronkhitis, diabetes tipe 1, dan diabetes tipe 2.
  • Mengurangi potensi obesitas diusia remaja atau dewasa.
  • Mengurangi potensi gangguan perkembangan dan tingkah laku seperti hiperaktif, kecemasan, dan ketergantungan anak terhadap orang tua yang berlebihan.

     Setelah 6 bulan, bayi membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari sebelumnya. Yang hanya bisa didapatkan dari makanan pendamping ASI (MPASI). Masa pemberian MPASI sering disebut periode kritis tumbuh kembang bayi. Mengapa demikian?

    Pada masa tumbuh kembang bayi, 70%-80% sel imun dibentuk dalam saluran pencernaan, tetapi secara fisiologis saluran pencernaan bayi belum bekerja dengan sempurna sehingga belum maksimal dalam menjalankan peran sebagai sistem imun. Oleh karenanya, bayi menjadi sangat rentan mengalami berbagai masalah pencernaan, padahal agar dapat menyerap gizi dari makanan yang dikonsumsi diperlukan sistem pencernaan yang sehat. Moms harus memahami pentingnya periode kritis untuk tumbuh kembang bayi dengan cara menyiapkan MPASI yang terbaik untuk bayi diusia 6 bulan.
     
    MEMPERSIAPKAN MPASI TERBAIK
    Saat usia 6 bulan, ASI hanya mampu memenuhi 60%-80% kebutuhan gizi bayi sehingga dibutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI).

    Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa anak kita telah siap untuk MPASI?

    Untuk mengetahui anak kita telah siap MPASI atau belum, perhatikan ciri-ciri sebagai berikut:
    • Kepalanya sudah bisa tegak tanpa dibantu.
    • Bayi mampu duduk dengan atau tanpa bantuan.
    • Bayi terlihat sering memasukkan benda atau tangan ke mulutnya.
    • Bayi sering terlihat tidak puas saat diberi ASI.
    • Bayi terlihat tertarik pada makanan yang dimakan orang lain. 
    Setelah mengetahui ciri-ciri bayi sudah siap MPASI, moms harus mengetahui bahan makanan untuk MPASI yang baik dan benar. Berikut adalah nutrisi yang ada di dalam bahan makanan MPASI:

    Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang baik dalam bahan makanan untuk MPASI, yang harus diperhatikan berikutnya adalah cara pengolahannya. Pengolahan yang salah bisa mengurangi kandungan gizi makanan.

    Dalam acara Blogger Gathering "Kenali Manfaat SUN Ubi Ungu Sebagai MPASI Yang Mendukung Kekebalan TUbuh Bayi", dokter spesialis anak dr. Julistio Triyoga Budhiawan Djais, Sp.A(K), MKes menututurkan, " mengolah MPASI sendiri belum terjamin kandungan nutrisinya. Hal ini disebabkan oleh kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan moms saat menyiapkan MPASI".

    Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sering moms lakukan pada saat pengolahan MPASI:
    • Kurang Higienis. Daya tahan tubuh bayi masih sangat rentan, oleh karena itu makanan dan peralatan makan yang kurang bersih dapat membuat mereka mudah kemasukan kuman penyakit, yang dapat menyebabkan gangguan saluran cerna seperti diare. Oleh karena itu, lakukan tips berikut ini : mencuci tangan sebelum mempersiapkan MPASI bayi dan gunakan peralatan yang disediakan khusus untuk bayi. Tidak perlu mahal, cukup pisahkan peralatan memasak untuk bayi dengan peralatan masak keluarga.
    • Tekstur dan konsistensi makanan tidak sesuai. MPASI diberikan secara bertahap. Dimulai dari makanan dengan konsistensi cair dan naik bertahap menjadi kental hingga nantinya makanan yang berbentuk padat. Cara memberikannyapun bertahap. Dari 1 kali/ hari, lalu meningkat bertahap menjadi 2 kalli/ hari kemudian 3 kali/ hari.
    • Ketidakseimbangan nutrisi dalam menu makanan. Dalam pengolahan MPASI, moms pasti hanya dengan sistem perkiraan saja. Tidak ada yang tahu pasti takaran yang tepat kandungan nutrisi yang terkandung dalam MPASI untuk bayi. Untuk itu tidak dilarang pemberian MPASI fortifikasi, seperti misalnya fortifikasi SUN Ubi Ungu. Karena dalam proses produksi MPASI fortifikasi SUN telah melalui proses yang ketat dan teliti dengan takaran kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Jadi moms tidak usah ragu lagi mengenai keseimbangan nutrisi MPASI untuk bayi.
    • Salah dalam memperkenalkan jenis makanan. Untuk bahan makanan MPASI ada beberapa bahan yang harus dihindari, yaitu: garam, gula, telur utuh, kacang utuh, dan jeroan. Karena kalau salah memperkenalkan jenis makanan pada bayi, dapat mengakibatkan alergi dan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan karena belum sempurnanya sistem pencernaan bayi.
    • Salah dalam memilih bahan makanan dan pengolahannya. Tiga cara yang dianjurkan untuk mengolah MPASI adalah kukus, rebus dan panggang. Sedangkan yang harus dihindari adalah membekukan kembali makanan yang sudah dicairkan. Selain itu proses pengolahan yang terlalu lama dan dengan tingkat suhu yang tinggi akan merusak kandungan nutrisi di dalam MPASI yang dibuat. 
      MPASI FORTIFIKASI SUN UBI UNGU
      Untuk membantu keresahan moms dalam mempersiapkan MPASI, SUN brand MPASI fortifikasi telah menemani moms Indonesia selama 25 tahun memenuhi gizi anak Indonesia.

      Tidak perlu khawatir lagi mengenai kelengkapan dan keseimbangan kandungan nutrisi MPASI. Karena produk SUN diproduksi dengan proses dan pengawasan yang sangat ketat. Melalui proses pengolahan Drum Drying menghasilkan produk SUN dengan manfaat yang tetap terjaga dan aman untuk dikonsumsi bayi sebagai MPASI.

      Drum Drying merupakan proses pengolahan dengan cara pengeringan menggunakan suhu tinggi untuk membunuh bakteri. Biasanya proses pengolahan dengan cara pengeringan suhu tinggi akan merusak dan menghilangkan kandungan nutrisi pada makanan, namun dengan Drum Drying  kandungan nutrisi pada produk SUN tetap terjaga.

      Kamis (8/12), SUN mengadakan blogger gathering untuk memperkenalkan varian terbarunya, yaitu SUN Ubi Ungu. "SUN merupakan produk MPASI fortifikasi pertama di Indonesia yang menggunakan ubi ungu sebagai sumber karbohidrat alternatif selain beras. Produk baru ini mengandung 30% kandungan ubi ungu yang kaya antosianin sebagai sumber antioksidan alami yang baik untuk mendukung daya tahan tubuh adek bayi sehingga bayi tidak mudah sakit. SUN Ubi Ungu difortifikasi dengan 11 vitamin dan 7 mineral", tutur Desi Hendradiani yang merupakan Brand Manager SUN, Nutrition and Special Foods Division ICBP.


      Menurut narasumber yaitu Prof. Dr. Ali Khomsan, MS., "ubi ungu digolongkan dalam superfood karena mengandung unsur fitokimia antosianin dan betakaroten yang merupakan antioksidan dan dapat mendukung kekebalan tubuh". Dari penuturan beliau, sudah jelas bahwa begitu banyaknya manfaat ubi ungu.




      Untuk moms yang belum mengenal Sun Ubi Ungu dan masih ragu-ragu memberikannya untuk MPASI, berikut adalah manfaat mengkonsumsi Sun Ubi Ungu:
      • Rasanya enak dan disukai bayi.
      • Mengandung gizi seimbang dengan nutrisi terukur dan fortifikasi (penambahan) vitamin dan mineral.
      • Mengandung Antosianin, vitamin E, betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan dan serat pangan yang dapat menunjang kesehatan saluran cerna dan meningkatkan kekebalan tubuh bayi.
      • Variasi makanan, pengenalan bahan makanan dengan bahan dasar ubi ungu untuk membiasakan konsumsi makanan pokok berbahan dasar selain beras.
      • Pertama dan satu-satunya makanan bayi yang terbuat dari ubi ungu, bahan pangan lokal unggulan dari bumi Indonesia.
      • Tidak menyebabkan perut kembung. Zat yang menyebabkan perut kembung (rafinosa) pada ubi telah hilang ketika proses produksi SUN Ubi Ungu.

        Setelah mengetahui manfaat Sun ubi ungu, moms pasti masih bingung bagaimana cara membuat MPASI yang menarik, disukai dan tidak membuat bayi bosan. Jangan khawatir moms, Sun ubi ungu ini bisa dipadukan dengan bahan makanan yang lainnya kok.... seperti sayuran dan buah-buahan. Seperti ini salah satu contoh kreasi MPASI menggunakan Sun Ubi Ungu.



        Yuk moms, pahami periode kritis untuk tumbuh kembang buah hati kita dengan cara menyiapkan MPASI yang terbaik bersama SUN Ubi Ungu. Nikmati prosesnya, karena banyak keseruan dalam mempersiapkan MPASI dengan SUN Ubi Ungu.

        Untuk lebih jelasnya, moms bisa cek dan sharing mengenai pemberian MPASI serta tips-tips pengasuhan anak di FANS PAGE FACEBOOK KASIH SUN

        video

        You Might Also Like

        9 komentar

        1. Wah bermanfaat sekali nih. Bs jf pengetahuan buat aku yang blm punya debay

          ReplyDelete
        2. Luar biasa ya, dari ubi ungu bisa dinikmati sebagai Mpasi...

          ReplyDelete
        3. Ubi Ungu memang kaya manfaat, Untung ada SUN Ubi Ungu sehingga anak-anak bisa mendapat manfaat nya juga.

          ReplyDelete
          Replies
          1. Bener banget mb ria. Jadi kita sebagai orang tua juga gak khawatir tentang kandungan gizi MPASI.

            Delete
        4. SUN Ubi ungu enak yaa..bisa di modifikasi juga..

          ReplyDelete
        5. SUN Ubi Ungu. Pertama di Indonesia MPASI rasa Ubi Ungu, duhduh jadi pengen punya baby lagi dan cepet kasih SUN ahahahaha. BAlapan yuk. Btw nagkring juga foto bareng kita wkwkwk

          ReplyDelete
        6. Sy barusan beli karena penasaran sm variasi ubi ungu ini. Dan setelah sy siapkan untuk baby sy dan ditambah butter,rasanya enak. Sampai sy sendiri cemilin semangkok dicampur mentega,rasanya enak manis legit.. Bisa jadi menu diet buat mamanya jg. Hehe

          ReplyDelete
        7. Abis lebaran ah bikin dedek lg trs makan ubi ungu....hehehe

          ReplyDelete

        Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.

        Blogger Crony

        Blogger Crony

        Blogger Reporter ID

        Blogger Reporter ID

        ID Corner

        ID Corner

        Blogger Perempuan

        1 Minggu 1 Cerita

        1 Minggu 1 Cerita

        Blogger Muslimah

        Blogger Muslimah

        Komunitas Emak-emak Blogger

        Komunitas Emak-emak Blogger