Mandala Wangi Camping Ground: Mengajarkan Anak Untuk Mencintai Alam

4:34 AM


Bingung mau Quality time bersama keluarga kemana? Bosan menghabiskan Quality time ke mall? Pengin mencoba hal yang baru? Yuk mari, bisa dibaca bagaimana salah satu cara saya untuk quality time sambil mengajarkan mencintai alam kepada anak. 


Setiap libur datang pastinya kebahagiaan yang luar biasa untuk para orang tua. Termasuk saya dan suami. Mengapa demikian? Ya, karna di hari libur tersebut kami bisa quality time dengan keluarga kecil kami. Bahkan sebelum libur datang, sudah banyak angan-angan yang ingin dikerjakan bersama keluarga. Tetapi kenyataannya terkadang tak sesuai dengan keinginan dan rencana.

Terkadang rencana yang sudah matang pun bisa gagal terlaksana. Ya lagi-lagi penghambatnya adalah masalah kantong. Maklum kami keluarga kecil masih proses merintis. *hehe...gak penting juga ya dijelasin... Apalagi kalau hari liburnya panjang?? Pasti bingung deh tu mau ngapain? Mau liburan ke Bali, kondisi kantong tak memungkinkan. Liburan nonton dan makan di mall, sudah bosan dan juga masa iya liburan panjang diisi dengan jalan-jalan ke mall saja. 

Nah, bagaimana caranya kita bisa liburan dengan puas bersama keluarga tapi tidak merogoh kantong terlalu dalam. Siapa sih yang tidak menginginkan liburan puas tapi tetap murah meriah dan ada unsur edukasinya?? Semua orang juga mau kan? Salah satu cara quality time saya adalah camping bersana keluarga.

"Camping? Gak ada pilihan lain apa? Emang gak ribet, camping sambil ngajak anak-anak?" 

Kalau saya ditanya seperti itu, saya akan menjawab dengan tenangnya "ooouw, tentu tidak. Kan kami sudah memilih tempat yang pas dan cocok untuk anak-anak. Saya dan suami memilih camping karena selain untuk liburan, kami ingin mengajarkan kepada anak kami untuk mencintai alam." Mau tahu di mana tempat camping yang cocok untuk anak?

Picture: wisatacibodas.com
Nama tempatnya adalah Mandala Wangi Camping Ground. Sebenarnya bagi saya tempat ini bukanlah tempat yang asing. Karena sebelumnya saya sudah pernah camping di tempat ini sebanyak dua kali semasa SMA dulu. 

Tempat ini bagus sekali bagi keluarga yang ingin berlibur sambil memberikan edukasi kepada sang anak. 
"Belajar di waktu muda bagaikan mengukir di atas batu. Belajar di waktu tua bagaikan mengukir di atas air."
Jelas kita tahu betapa pentingnya penanaman nilai-nilai serta ilmu yang bermanfaat sejak usia dini. Kegiatan camping mengajarkan kepada anak untuk menjadi pribadi yang pemberani dan peduli terhadap sekitarnya. Belajar menghargai, mencintai dan menjaga kelestarian alam. Selain itu, ternyata juga bisa menambah silaturahmi lho... Ini terbukti saat camping, kami dapat teman baru dari tenda sebelah. Saling sharing pengalaman, saling bantu mendirikan tenda, berbagi makanan hingga menjelajah taman wisata alam mandala wangi bersama.


Dari sekian banyak pilihan tempat camping di sekitar Jakarta, yaa setidaknya tidak terlalu jauh lah dari Jakarta... mengapa saya memilih Mandala Wangi Camping Ground? Penasaran? Berikut penjelasan singkat tentang tempat yang kece satu ini.

MANDALA WANGI CAMPING GROUND
Taman wisata alam Mandala Wangi Camping Ground merupakan camping ground atau bumi perkemahan yang berada di kawasan wisata Cibodas. Letaknya tidak jauh dari pintu keluar Kebun Raya Cibodas dan bersa di kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Taman wisata alam Mandala Wangi Camping Ground mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Dimulai dari pilihan tempat camping yang banyak. Terserah mau pilih yang sebelah mana. Semua tempat pemandangannya bagus. Jangan khawatir dengan ketersediaan air, kamar mandi dan mushola, karena fasilitas tersebut ada di sudut-sudut Taman wisata alam Mandala Wangi Camping Ground. Bagi yang tidak membawa peralatan camping, tenang....karena di sana banyak tersedia jasa penyewaan peralatan camping lengkap. Bagi yang mau seru-seruan bareng, di sana juga ada fasilitas high rope seperti flying fox, lintas pohon dan spider net. Selain itu juga terdapat perahu dayung. Bagi yang mau basah-basahan bisa juga ke air terjun yang ada di sana. 

Selain fasilitas yang lengkap, Taman wisata alam Mandala Wangi Camping Ground merupakan tempat yang cocok untuk selfie dan wefie. Instagramable banget deh ah.. Sejak masuk gerbang tangan sudah gatal untuk berfoto ria. Apalagi ada sang dinosaurus yang menanti kami. Pasti langsung mengabadikan foto di depan terowongan dinosaurus yang eye cacthing tersebut.


Picture: wisatacibodas.com

Selain itu udaranya yang sejuk dan segar akan membuat kita sekeluarga semakin betah di sana. Bagi yang tidak mau camping, tetap bisa berlibur di Taman wisata alam Mandala Wangi Camping Ground lho... Bagi yang hobi shopping, bisa dengan puas membeli souvenir dan oleh-oleh di counter atau pasar di depan pintu masuk. 

TIKET MASUK DAN BIAYA PENYEWAAN PERALATAN
Supaya semakin penasaran ini dia saya cantumkan biaya yang harus dikeluarkan bila akan berkunjung ke Taman wisata alam Mandala Wangi Camping Ground:
  • Harga tiket rekreasi
      Hari kerja : Rp.11.000,00
      Hari libur : Rp.13.500,00
  • Harga tiket camping
      Hari kerja : Rp.22.500,00
      Hari libur : Rp.27.500,00
  • Booking MCK: Rp.5.000,00/orang/malam (kalau tidak booking Rp. 2.000,00/orang /masuk)
  • Listrik Rp. 150.000,00/malam
  • Sewa peralatan camping:
   Play Sheet          Rp. 250.000,00/malam
   Tenda Dome      Rp. 60.000,00/malam (4 orang)
   Tenda Dome      Rp. 120.000,00/malam (6orang)
   Tenda Regu        Rp. 90.000,00/malam (8 orang)
   Tenda Citarum  Rp. 200.000,00/malam (8orang)
   Tenda Peleton   Rp.1.200.000,00/malam (50 orang)  
   Matras Spoon Besar   Rp. 20.000,00 /malam
   Matras Spoon Kecil    Rp. 10.000,00 /malam
   Sleeping bed                Rp. 15.000,00 /malam
   Jenset                            Rp. 500.000,00     /malam
   Lampu Tembak          Rp. 50.000,00 /malam
   Paket api unggun       Rp. 150.000,00 (untuk 3 jam)
   Obor                             Rp. 10.000,00 + minyak tanah
   Seperangkat Kasur    Rp. 50.000,00/malam


Daftar harganya masih wajar kan? Ya iyalah, yang pasti kantong tak akan jebol deh. Bagaimana, tertarik untuk camping brsama keluarga?

Tidak ada salahnya luangkan waktu, lupakan sejenak mall dan gadget. Sekarang waktunya tuk merubah generasi kita menjadi generasi emas yang membanggakan. Caranya bagaimana??Memilih liburan yang mampu memberikan edukasi untuk anak. Salah satu pilihan yang tepat adalah camping. Masih ragu? Coba saja dulu bawa anak dan keluarga untuk camping. Dijamin pasti ketagihan. 

Selamat camping....!







You Might Also Like

15 komentar

  1. Wah..asyik mbak. Kl play sheet itu apa mbak? Lokasi camping atau salah satu peralatan camping?

    ReplyDelete
  2. Pemandangan nya Indah ya, saat liburan tiba boleh juga nyobain ke sana.

    ReplyDelete
  3. mba, di camping ground-nya toiletnya bersih ngga? makasih infonya

    ReplyDelete
  4. Anak-anak memang seharusnya diajak liburan yang dekat dengan alam, jangan ke mall terus. Mencintai alam dan lebih mengenal tanah airnya sendiri. Keren nih tempatnya. Camping yuks

    ReplyDelete
  5. Waaaa pengen
    Sudah lama penasaran sama Mandalawangi camping ground ini, belum kesampaian euy
    Biasanya mentok2 Sukamantri lagi sukamantri lagi
    Makasi infonya mbak

    ReplyDelete
  6. Wah asyik nih boleh dicoba dekat dari cianjur. belum pernah bawa anak ke sana euy.

    Salam
    ardentusstory.com

    ReplyDelete
  7. ahh ini mah ngingetin jambore ekskul jaman kita ^^ main lumpur, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa fer,,gak banyak berubah kok. Cuma seingetku dulu ada mushola di samping kamar mandi,,sekarang gak ada.

      Delete
  8. Baguus ya mba tempatnya. Aku suka liat danaunya, deh.. :D Kapan2 pingin ngakak anak2 juga ah kemping di sana, kayaknya seru banget.. :D

    ReplyDelete
  9. Mau Juga ah..quality time sambil bertiga kesini.. Dicatet banget 📖
    -Tatat

    ReplyDelete
  10. Wah keren nih buat alternatif liburan

    ReplyDelete
  11. Dekat Cibodas ya. Kalau anak laki mungkin akan lebih senang ya, nginep2 di alam gini, apalagi tempatnya juga bagus banget.

    ReplyDelete
  12. iya miss, samping kebun raya cibodas.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.

Blogger Crony

Blogger Crony

Blogger Reporter ID

Blogger Reporter ID

ID Corner

ID Corner

Blogger Perempuan

1 Minggu 1 Cerita

1 Minggu 1 Cerita

Blogger Muslimah

Blogger Muslimah

Komunitas Emak-emak Blogger

Komunitas Emak-emak Blogger