Istana Nelayan Resto And Caffe: Wisata Kuliner Dan Edukasi Dalam Satu Tempat

8:43 PM


Sebagai seorang ibu yang bekerja di luar rumah yang menghabiskan waktu lebih banyak di luar dibanding berkumpul dengan keluarga, buat saya akhir pekan merupakan hari yang saya nantikan untuk bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Berharap penat selama sepekan akibat sibuk mengajar, lenyap bersamaan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan.


Saya lebih suka menyebutnya quality time bersama keluarga, karena walaupun waktunya sedikit dan tidak perlu melakukan hal yang macam-macam yang penting berkualitas. "Maunya sih, liburan ke tempat wisata nun jauh di sana. Yang masyur dikata orang...." Tetapi apa daya libur mengajar hanya di hari minggu saja. Saat liburan sudah bisa makan bersama keluarga di restoran saja, sudah bahagianya luar biasa.

Berpikirlah diri ini. Pengin refreshing yang dekat, dan tidak butuh waktu lama di perjalanan, namun tempatnya harus membuat sekeluarga nyaman dengan suasananya. Dan kalau bisa yang ada segi edukasinya. *hhhmmm, maruknya ini emak-emak. Hehe.. ternyata keinginan hati terjawab saat saya mendapatkan undangan dari Istana Nelayan Resto And Caffe.
Bincang Santai bersama bapak Yulius, General Manager Istana Nelayan Resto and Caffe

Saya langsung teringat, belum lama ini di grup teman SMA sedang membicarakan tempat makan yang family friendly di Tangerang. Semua teman merekomendasikan Istana Nelayan Resto And Caffe. *Itu tuh restoran yang plang nya keliatan dari tol.... semuanya sudah langsung menjawab, "ooouw yang itu??" Berarti Istana Nelayan Resto And Caffe sudah terkenal sebagai restoran keluarga yang recomended. 
Saung atau pondokan terlihat dari atas

PROFIL SINGKAT ISTANA NELAYAN RESTO AND CAFFE
Istana Nelayan Resto And Caffe berdiri sejak Oktober tahun 2000 dengan konsep ingin menyediakan tempat untuk wisata kuliner dan edukasi yang nyaman untuk keluarga. Dengan luas tempat sekitar 1,2 hektar, Istana Nelayan Resto And Caffe terdiri dari satu bagian utama berbentuk kapal Pinisi yang pada awalnya terbuat dari kayu. Berbeda dengan sekarang yang sudah tidak terbuat dari kayu lagi serta terdiri dari dua lantai.

Picture by account social media Istana Nelayan

Selain bagian utama yang berbentuk kapal Pinisi, Istana Nelayan Resto And Caffe juga terdapat bagian saung atau pondokan, mini zoo, mini farm, play ground, mini museum chocolate, pendopo besar serta fasilitas lainnya. Dijamin lengkap. Karena toilet dan mushola sangat mudah ditemukan dan terkonsep dengan baik. 
Komplek kandang mini zoo

Pasti langsung terpikir,"kok itu fasilitasnya banyak dan campur aduk banget? Katanya restoran, kok ada mini zoo, mini farm, dan mini museum chocolate?" Nah, itu dia istimewanya Istana Nelayan Resto And Caffe.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, selain sebagai tempat wisata kuliner Istana Nelayan Resto And Caffe bisa juga dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak-anak. Karena dengan semua fasilitas yang ada, pengunjung terutama anak-anak diajak untuk kembali ke alam. Supaya semakin mencintai alam. Semua fasilitas sengaja dibuat supaya anak-anak mengetahui mengenai kegiatan beternak, bercocok tanam, memancing dan pengetahuan baru yang jarang ada di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Yang istimewanya lagi, di Istana Nelayan Resto And Caffe banyak terdapat pohon cocoa. Pasti akan menambah pengetahuan baru untuk anak-anak.
Picture by account social media Istana Nelayan

Pertanyaan berikutnya pasti langsung terpikir, "kenapa harus cokelat yang diekspos mini museum chocolate, tanaman cocoa hingga banyak tersedia menu minuman yang terbuat dari cokelat." Jawabannya karena pemilik Istana Nelayan Resto And Caffe ternyata mempunyai pabrik cokelat. Pasti tahu kan ya, brand cokelat oh!Bali Cokelat dan Cokelat Java? 

Produk coklat yang dihasilkan

Istana Nelayan Resto And Caffe merupakan pengembangan dari Istana Nelayan Hotel yang berlokasi di Jati Uwung, Tangerang. Selain itu, di Bali juga terdapat Hotel cabang Istana Nelayan Hotel. Namanya Melamun Hotel.

Cerita-cerita tentang pabrik cokelat dan hotelnya nanti ya. Ditunggu saja tulisan berikutnya. Tetapi doakan saya terlebih dahulu supaya kapan-kapan, saya bisa diundang lagi tapi ke pabrik cokelat dan hotelnya. * hehe...

WISATA KULINER DI ISTANA NELAYAN RESTO AND CAFFE
Istana Nelayan Resto And Caffe merupakan tempat wisata kuliner terutama di kawasan Tangerang dan sekitarnya yang sangat recomended. Sejak masuk gerbang ala-ala Bali pengunjung langsung disambut oleh alunan musik sesundaan. Pas sekali dengan suasana yang teduh dengan banyaknya pepohonan layaknya di pedesaan.
Pengunjung langsung bisa memilih dari dua pilihan tempat. Tentu saja sesuai keinginan pengunjung, mau outdoor atau indoor. Bagi yang ingin acara kumpul-kumpul keluarga, arisan, gathering, meeting, atau bahkan merayakan ulang tahun yang bersifat private bisa memilih di bangunan utama Pinisi. Hanya dengan memesan makanan, pengunjung sudah bisa mendapatkan fasilitas karaoke dengan kualitas terbaik, free wifi, serta toilet di masing-masing ruangan. Di bangunan utama berbentuk kapal Pinisi dengan dua lantai tersebut, di dalamnya terdiri dari ruangan-ruangan dengan berbagai pilihan kapasitas. Dimulai dari kapasitas 10 orang hingga 100 orang. Bisa dengan table ataupun tanpa table. Mudah untuk dirubah sesuai keinginan pengunjung.
Sedangkan di bagian luar terdapat tempat makan berbentuk saung atau pondokan yang menyatu dengan alam. Saung atau pondokan ini terdapat dua pilihan yaitu dengan table dan lesehan dengan jumlah keseluruhan sebanyak 19 saung atau pondokan. Sesuai keinginan pengunjung. Saung atau pondokan ini lebih dekat dengan play ground, jadi tidak perlu kuatir dalam mengawasi anak-anak yang sedang main. Orang tua bisa makan dengan tenang sambil bisa mengawasi anak-anak yang sedang bermain. Kalau anaknya merasa lapar bisa langsung menuju ke saung untuk makan. Sambil bersantai, orang tua bisa mengajak anak-anak berkeliling melihat mini museum chocolate, mini zoo, dan mini farm.
Play ground

Bagi yang membutuhkan tempat yang lebih luas lagi, Istana Nelayan Resto And Caffe menyediakan pendopo besar dengan kapasitas 800 orang. Tempat ini cocok untuk acara resepsi pernikahan, gathering besar, serta acara reuni akbar dengan konsep garden party.
Pendopo Besar

Selain menyediakan banyaknya pilihan tempat makan, Istana Nelayan Resto And Caffe juga mempunyai pilihan menu makanan dan minuman yang sangat lengkap. Dari maskaan Nusantara, chinese food, hingga western food ada di Istana Nelayan Resto And Caffe. *ooouw ada western food juga? Ya, iyalah...Namanya juga resto and caffe.
Saat Wakil Presiden Yusuf Kalla berkunjung ke Istana Nelayan

Dari semua menu makanan dan minuman yang ada, baik itu yang citarasa Nusantara, chinese food ataupun weatern food, semuanya lezat. Hal ini terbukti Istana Nelayan Resto and Caffe sudah banyak dikunjungi oleh para pejabat hingga para artis. Keren kan?? Harganyapun terbilang murah. Hampir semua menu makanan dibandrol kurang dari Rp. 100.000,00. Malah ada yang harganya hanya Rp. 10.000,00. *gak percaya? Udah, langsung saja cuuus bawa keluarga ke Istana Nelayan Resto and Caffe.
                 
WISATA EDUKASI DI ISTANA NELAYAN RESTO AND CAFFEE
Mengajak keluarga quality time ke Istana Nelayan Resto and Caffe, akan mendapatkan paket lengkap. Karena bukan hanya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga saja, di Istana Nelayan Resto and Caffe kamu akan mendapatkan experience baru yang berbeda dari biasanya. Terutama untuk anak-anak, akan mendapatkan banyak ilmu pembelajaran di tempat tersebut. 
Mini museum coklat

Jadi tidak heran kalau Istana Nelayan Resto and Caffe sering disebut juga sebagai tempat wisata edukasi. Selama berada di Istana Nelayan Resto and Caffe, terutama anak-anak akan diajak untuk belajar mencintai alam dengan kegiatan beternak dan bercocok tanam. Melatih keberanian dengan melakukan kegiatan naik kuda, memberi makan hewan ternak , dan lain sebagainya. Serta belajar melatih kesabaran dengan mengikuti aktivitas memancing. *Lengkap kan???
Melatih keberanian anak untuk berinteraksi dengan iguana

Oiya, bisa juga lho kalau ada sekolahan KB atau TK yang ingin berkunjung ke Istana Nelayan Resto and Caffe secara rombongan. Biasanya waktu kunjungnya di pagi hari, sebelum jam waktunya buka untuk umum. 

Berikut adalah fasilitas wisata edukasi yang bisa didapatkan di Istana Nelayan Resto and Caffe:

  • Mini Zoo (Kebun Binatang Mini)
Layaknya kebun binatang pada umumnya, di Istana Nelayan Resto and Caffe terdapat banyak kandang dengan berbagai macam binatang. Binatang yang sengaja dihadirkan yaitu sapi, kambing, domba, ayam kate, ayam kalkun, ikan, iguana, burung merpati, bebek, angsa, dan kura-kura. Semua binatang tersebut terawat dengan baik. Sambil memperkenalkan berbagai macam binatang, anak-anak diajarkan untuk berani memberikan makan kepada binatang-binatang tersebut. 
Mini zoo

Contohnya sapi, kambing dan domba. Anak-anak juga belajar kalau makanan untuk masing-masing binatang berbeda. Malah untuk khusus sapi ada kegiatan memberikan susu. Hanya dengan membayar Rp10.000,00 anak-anak sudah bisa memberikan makanan dan susu untuk sapi, kambing dan domba. 

Memberi makan dan susu binatang

Dari sekian banyak kandang binatang, yang terpenting adalah kebersihan kandang dan binatangnya. Karena kalau tidak bersih, pasti akan menimbulkan bau yang kurang sedap. Setelah saya tanya-tanya ke petugas penjaga kandang sapi, ternyata di bawah kandang terdapat septic tank yang berfungsi untuk menampung kotoran binatang-binatang tersebut yang nantinya diolah untuk menghasilkan bio gas. Jadi tidak heran bau yang tidak sedap itu tidak akan ditemukan di Istana Nelayan Resto and Caffe. 
Pengolahan bio gas

Selain memberi makan, memberi susu, hingga memegang binatang yang ada di Istana Nelayan Resto and Caffe juga bisa melakukan kegiatan memancing. Di kolam dengan perahu di atasnya inilah kolam pemancingannya. 

  • Mini Farm (Perkebunan sayuran mini)
Di Istana Nelayan Resto and Caffe anak-anak diajari bagaimana cara bercocok tanam. Baik itu hidroponik maupun yang menanam langsung di tanah. Ada banyak jenis tanaman yang bisa diperkenalkan kepada anak-anak. Bahkan kalau sedang beruntung, pengunjung bisa melihat proses panen sayurannya. Dan yang terpenting semua tanaman yang ada di mini farm Istana Nelayan Resto and Caffe bebas dari pestisida alias organik.
Mini Farm
  • Berkuda
Kegiatan ini sangat di favoritkan anak-anak. Kuda yang ada di Istana Nelayan Resto and Caffe semuanya kuda poni. Pengunjung bisa berkuda memutari Istana Nelayan Resto and Caffe hanya dengan membayar Rp.10.000,00. Dengan syarat berusia kurang dari 12 tahun. Kegiatan ini mengajarkan keberanian kepada anak. Dan tetap aman kok, karena ada petugas khusus dari Istana Nelayan Resto and Caffe. 

Naik kuda poni
  • Naik Becak
Bagi anak-anak yang belum berani naik kuda, bisa memilih naik becak saja. Dengan 3 (tiga) pilihan ukuran becak yang berbeda, akan membuat kegiatan berkeliling Istana Nelayan Resto and Caffe lebih menyenangkan. Masih sama dengan kegiatan lain, becak bisa dinaiki hanya dengan bayar Rp.10.000,00. 
Tiga pilihan ukuran becak
  • Mini Museum Coklat
Tempat inilah yang membedakan Istana Nelayan Resto and Caffe dengan tempat makan lainnya. Selain dapat memperkenalkan tanaman cocoa, dengan adanya mini museum coklat pengunjung menjadi lebih mengetahui proses pembuatan cokelat. Bahkan pengunjung bisa mencoba buah cocoa juga lho. Eiits, tapi tidak boleh asal petik ya, walaupun di lingkungan Istana Nelayan Resto and Caffe ada banyak sekali tanaman cocoa yang sedang berbuah. 
Yang ada di dakam mini museum cokelat. 

"Tuh kan, ada banyak banget ilmu yang bisa anak-anak dapatkan? Gak salahkan, kalau tempat ini disebut tempat wisata edukasi?" 

Untuk rombongan sekolah KB atau TK hanya dengan membayar paket komplit seharga 75 ribu sudah bisa melakukan kegiatan memberi makan hewan, bercocok tanam hingga menghias cookies dengan toping cokelat dan toping-toping lainnya. Harga tersebut sudah termasuk jasa tour guide.
Masih bingung lagi nyari tempat berkumpul bersama keluarga? Sudaaaah, tidak usah ragu lagi langsung ke Istana Nelayan Resto and Caffe saja. Dijamin akan melebihi ekspektasi kamu. Tempatnya kece, fasilitasnya lengkap, pelayanannya pun ramah dan memuaskan. Hingga seragam pelayannya pun disesuaikan dengan konsep kapal pinisi. Apalagi untuk pelayan yang area saung terlihat lebih eye catching dengan rollerblade. Terlihat sangat diperhatikan hingga sedetail mungkin.
Dengan rollerblade pesanan makanan pengunjung dapat dengan cepat diantar

Tempat kongkow, hangout, family time, arisan atau apapun kegiatannya tempat yang tepat yaa Istana Nelayan Resto and Caffe. Apalagi sebentar lagi mau puasa nih, pas banget untuk buka puasa bersama. Tetapi reservasi dulu ya kalau mau buka puasa bersama. Karena biasanya akan sangat ramai saat bulan puasa.


Yuk mari, langsung menuju Istana Nealayan Resto and Caffe. Berikut alamat lengkapnya:

Komplek CBD Serpong 
Jl. M.H. Thamrin Km.7 Serpong, Tangerang
(Exit tol Serpong)
Telepon: +6221 55742366, 5542913
Fax: +6221 55754717


You Might Also Like

15 komentar

  1. Wah kalau bawa anak ke sini pasti senang banget. Nggak sekedar tempat makan tapi juga paket lengkap. Moga bisa juga main ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mb. Nih anak saya aja betah banget.

      Delete
  2. Jauh sih ya dari rumah saya, kalau dekat pengen juga ke Istana Nelayan Resto & Cafe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lagi liburan aja mba bareng keluarga. Lewat tol cepet kok mb. Soalnya deket tol tempatnya.

      Delete
  3. Assik banged tempatnya, ini mah anak2 pasti betah main disana. Semoga bisa berkunjung kesana juga soon.. 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk ev,,bareng yuk rame2 kesono. Nyenengin anak. 😂😃😄

      Delete
  4. Kayaknya aku pernah berkunjung ke sini nih waktu acara keluarga jaman tahun 2013... tempatnya memang cocok buat acara-acara keluarga besar dan menunya lumayan :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang tempatnya enak buat ngumpul2 mb. Trus plang nya juga catchy dilihat dari tol.

      Delete
  5. Lengkap sekali ya mb..bisa kulineran sembari rekreasi. Perut kenyang, pikiran segar kembali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mb. Paket lengkap. Hemat waktu & uang. Soalnya bisa langsung dpt di 1tempat.

      Delete
  6. wah keren ya tempatnya apalagia da edukasinya lebih banyak manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manfaatnya itu yg dicari yaa mb. Daripada makan di mall, gak ada sisi edukasinya. Malah ngajarin konsumtif.

      Delete
  7. keren tempatnya baru buka ya. noted tempat yang bisa di datangi ini

    ReplyDelete
  8. Oh pengembangan dari hotelnya ya, pantes mewah juga ya. Konsepnya mirip dengan Farmhouse. Jadi nggak cuma untuk wiskul aja ya, tapi juga ada tempat main edukatif untuk anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes miss, tempatnya luas. Dan manfaatnya jempolan..

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.

Blogger Crony

Blogger Crony

Blogger Reporter ID

Blogger Reporter ID

ID Corner

ID Corner

Blogger Perempuan

1 Minggu 1 Cerita

1 Minggu 1 Cerita

Blogger Muslimah

Blogger Muslimah

Komunitas Emak-emak Blogger

Komunitas Emak-emak Blogger