6 Cara Untuk Tetap Sehat Saat Puasa

7:27 PM

Ehaaay!! Bagaimana puasanya hari ini? Lancar? Atau sudah ada yang bolong puasanya alias batal? Waduuuw, jangan sampai ya. Karena sayang bulan puasa hanya satu kali lho dalam satu tahun. Masa iya, kita sia-siakan ribuan manfaat di balik ibadah puasa.

Ribuan manfaat? Yup, seperti yang telah diketahui oleh umum, puasa mendatangkan banyak manfaat. Bukan hanya manfaat di bidang spiritual saja, ternyata ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan berpuasa. Jadi puasa bukan untuk beribadah mendapatkan pahala saja ya, tetapi juga akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat bila diimbangi dengan pola hidup sehat. Begitu yang saya dengar dari dr. Dian Permatasari, Sp.Gk dalam kesempatan Buka Puasa Bersama Grup Danone Indonesia (06/06), di Hotel All Season Thamrin.
buka puasa bersama danone indonesia
Media dan blogger sudah mulai banyak yang hadir di acara Buka Puasa Bersama Grup Danone Indonesia
Kegiatan Buka Puasa Bersama Grup Danone Indonesia ini sekaligus mengedukasi blogger dan media undangan mengenai "Membiasakan Hidup Sehat Saat Bulan Puasa Dengan Nutrisi dan Hidrasi". Pembahasan ini menjadi sangat penting di saat bulan puasa banyak orang yang menyepelekan asupan nutrisi dan hidrasi. Bisa dikatakan jauh dari kata "Hidup Sehat". Padahal, baik itu bulan puasa ataupun tidak, membiasakan hidup sehat adalah sebuah keharusan. 
buka puasa bersama danone indonesia
Host acara Buka Puasa Bersama Grup Danone di Indonesia
Ooouuuw, pantas saja tidak sedikit orang yang malah sakit pada saat berpuasa. Bukan ibadah puasanya yang salah, justru pola hidup dan makan kita yang salah. "Mengapa demikian?"

SEHAT SAAT PUASA
Menurut dr. Dian Permatasari, Sp.Gk, puasa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, asam lemak dan memperbaiki profil lemak, yang sangat bermanfaat untuk menurunkan atau menjaga kestabilan berat badan, meningkatkan proteksi terhadap penyakit non infeksi.
buka puasa bersama danone indonesia
Dr. Dian Permatasari, Sp.Gk
Ternyata ada banyak manfaat berpuasa. Tetapi mengapa ada saja yang jatuh sakit akibat tidak tahan berpuasa? Penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Terlihat jelas betapa pentingnya membiasakan hidup sehat.
buka puasa bersama danone indonesia

Dr. Dian Permatasari, Sp.Gk, memberikan tips-tips sehat saat berpuasa. Berikut adalah 6 cara untuk tetap sehat saat puasa, yaitu:

1. Kebutuhan Kalori Sehari Tercukupi
Pemenuhan kebutuhan  kalori per harinya harus disesuaikan dengan pedoman gizi seimbang. Atau dulunya sering disebut 4 sehat 5 sempurna. Jumlah dan jenisnya harus seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. 

Untuk lebih jelasnya mari kita ulas satu persatu mengenai konsumsi karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin yang tepat:
  • Konsumsi banyak karbohidrat kompleks saat sahur agar tubuh lebih sehat. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks ini akan membuat kita tidak mudah lapar. Contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu oatmeal, kentang, beras merah, ubi jalar, alpukat dan sebagainya. Tetapi saat berbuka puasa, sebaiknya konsumsi karbohidrat sederhana agar mudah dicerna dan diserap tubuh. Contohnya yaitu cake, puding, kue kering, biskuit dan lain-lain.
Sebaiknya konsumsi yang low Glikemik Indeks
  • Asupan proteinyang disarankan adalah sekitar 15-20%, asupan lemak 25-30% dan asupan karbohidrat 50-65% pemenuhan nutrisi.
  • Protein Hewani ternyata kandungan nutrisinya lebih baik untuk tubuh.
  • Untuk kecukupan asupan lemak, sebaiknya pilihlah lemak yang tak jenuh atau lemak baik. Jangan sampai mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans atau lemak jahat yang biasa ada di makanan melalui proses digoreng, wafer, chiki dan lain-lain.
buka puasa bersama danone indonesia
Contoh bahan makanan yang mengandung lemak baik
  • Vitamin dan Mineral juga dibutuhkan tubuh, fungsinya meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan otot. Berdasarkan saran WHO, kebutuhan asupan vitamin dan mineral sebanyak 3 - 5 porsi/ hari. Vitamin dan mineral biasa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran. 
buka puasa bersama danone indonesia

2. Aktivitas Sehari-hari Seperti Biasa
Puasa bukanlah alasan untuk bermalasan. Walaupun tidur di bulan puasa mendapatkan pahala, tetapi maksud dari perkataan tersebut adalah lebih baik tidur daripada menggibah atau membicarakan aib orang lain. Walaupun dalam keadaan puasa, kita harus tetap beraktivitas seperti biasanya. Karena tubuh akan menjadi lebih sehat. "Mau bukti? Coba saja, tidur seharian saat puasa. Pasti badan malah akan semakin terasa lemas."

3. Olahraga Ringan Secara Rutin
Ternyata saat puasa, tubuh kita tetap membutuhkan olahraga.Setidaknya membuat tubuh kita untuk terus bergerak. Tetapi yang harus diingat adalah berolahraga disaat puasa harus disesuaikan kondisi tubuh. Tidak boleh dipaksakan. Berolahragalah yang ringan-ringan saja.

4. Istirahat Cukup
Terdapat pergeseran waktu pada saat berpuasa. Padahal kebutuhan istirahat atau tidur tetap sama yaitu 6-8 jam. Bagaimana untuk menyiasati agar kebutuhan istirahat tercukupi? Apabila kebutuhan istirahat kita kurang dari 6-8 jam, bisa melengkapi kebutuhan tersebut dengan tidur setelah shalat subuh. Tidak perlu kuatir asalkan masih dlm waktu 6-8 jam sehari masih aman. Mitos yang mengatakan tidur setelah shalat subuh bisa membuat badan gemuk adalah salah besar.

5. Banyak Beribadah
Bulan puasa yang penuh dengan ampunan dan keberkahan sebaiknya diisi dengan memperbanyak ibadah. Selain dapat mengahasilkan ampunan dan limpahan pahala, memperbanyak ibadah di bulan puasa juga mampu membuang rasa jenuh menunggu saatnya berbuka puasa tiba, mencegah membicarakan keburukan orang lain, membuat kita selalu berpikiran positif dan mampu dijadikan sebagai rileksasi pikiran, mampu menghilangkan stress dan kepenatan. 

6. Hindrasi Yang Cukup 
Selain nutrisi yang cukup, kebutuhan cairan juga harus diperhatikan pada saat berpuasa agar terhindar dari dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh. Apabila terkena dehidrasi, kita akan  kesulitan berkonsentrasi, mudah mengantuk dan sering sakit kepala, dan urin berwarna gelap.
buka puasa bersama danone indonesia
Tanda-tanda dehidrasi
Air putih merupakan cairan yang kita butuhkan agar terhindar dari dehidrasi. Kita membutuhkan sekitar 2 liter/ hari atau sama dengan 8 gelas/ hari. Mengapa kita membutuhkan air putih? Ternyata air putih mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 
buka puasa bersama danone indonesia
Kandungan mineral di dalam air putih
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah gambar manfaat mineral bagi tubuh kita.
buka puasa bersama danone indonesia
Manfaat mineral
Sedangkan di bawah ini adalah gambar mengenai fungsi mineral bagi tubuh kita. 
buka puasa bersama danone indonesia
Fungsi mineral
Begitu pentingnya air putih bagi tubuh kita, sebaiknya kita memilih air putih yang berkualitas. Karena seperti yang kita ketahui, sumber air di sekitar kita sudah banyak yang tercemar bakteri ecoli. 


Membicarakan air putih pasti langsung terpikir satu brand air mineral kemasan yang memang sudah sangat terkenal akan kualitasnya. "Tau kan yaa? AQUA. Yup, brand inilah yang selalu disebut-sebut setiap kali orang membeli air mineral kemasan. Bukan tanpa alasan mengapa AQUA begitu dikenal oleh masyarakat. 
buka puasa bersama danone indonesia

Dari awal berdirinya, AQUA selalu berkomitmen untuk tidak hanya mengejar bisnis semata. AQUA selalu membuat aksi nyata di lingkungan masyarakat. 

DANONE MANIFESTO
Selain edukasi mengenai nutrisi dan hidrasi, di acara Buka Puasa Bersama Grup Danone Indonesia juga sosialisasi komitmen Danone Manifesto.
buka puasa bersama danone indonesia
Danone Manifesto
Danone Manifesto adalah partisipasi langsung Danone demi dunia yang lebih baik dengan berkolaborasi bersama komunitas. Danone Manifesto adalah komitmen Danone untuk mendukung masyarakat untuk mengubah pola makan dan minum yang lebih sehat. 

"Makanan yang sehat didapatkan dari alam yang sehat, karena itu Danone berkomitmen menjaga kelestariannya", ujar bapak Karyanto Wibowo yang menjabat sebagai Direktur Pembangunan Berkelanjutan Grup Danone.
buka puasa bersama danone indonesia
Bapak Karyanto Wibowo, Direktur Pembangunan Berkelanjutan Grup Danone
Danone Manifesto diimplementasikan dalam program perusahaan berkelanjutan perusahaan yang juga disesuaikan dengan target sustainable development goals 2030. Danone mempunyai program berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat seperti Warung Anak Sehat, PAUD 1000 Anak Bangsa dan Program Ayo Melek Gizi.

Selain berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat, Danone di Indonesia juga aktif dalam pelestarian sumber daya air, peningkatan akses air bersih dan pengelolaan sampah kemasan. Danone Indonesia bekerjasama dengan berbagai pihak seperti pemerintah, masyarakat, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM).
buka puasa bersama danone indonesia

Dari kerjasama tersebut sudah banyak menghasilkan produk yang berdampak positif bagi masyarakat, di antaranya yaitu membuat bantal dari botol kemasan bekas, mengubah minyak jelantah menjadi bahan bakar, membuat kaos dari galon bekas, dan masih banyak lagi. Yang harus dicatat adalah produk-produk tersebut tidak terlihat terbuat dari bahan bekas yang tidak terpakai. 
buka puasa bersama danone indonesia
Bantal dacron yang terbuat dari 24 botol plastik bekas
Oiya, menjelang lebaran ini Grup Danone mempunyai program baru yaitu TEMAN (tempat mudik nyaman). Pada saat mudik ini akan ada 4 TEMAN di rest area. Di TEMAN terdapat playground untuk anak-anak, ada air panas yang bisa untuk membuat suau dan juga terdapat  mbak-mbak inval. Siapapun yang mudik dan melewati TEMAN bisa langsung mampir untuk istirahat sementara, karena tidak ada persyaratan untuk menggunakan fasilitas yang ada di TEMAN.

Kepedulian Grup Danone terhadap lingkungan menandakan peduli terhadap kualitas produknya. Dengan lingkungan saja peduli, kualitas produknya juga sudah pasti sangat diperhatikan. Jadi tidak perlu meragukan kualitas produk dari Grup Danone.

Naaah, berarti untuk masalah ketersediaan air putih sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi dong ya? Kan, ada AQUA. Jadi semakin mudah mendapatkan tubuh sehat di saat puasa. Oiya, saya ingatkan lagi hal-hal kecil yang harus diperhatikan untuk mendapatkan tubuh sehat saat puasa:
  • Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kalau diimbangi dengan pola hidup sehat.
  • Jauhi makanan yang digoreng. Bahan masakan bisa diolah apa saja, asalkan tidak digoreng. Makanan yang digoreng akan membuat lemak jenuh meningkat.
  • Pilih makanan berkarbohidrat kompleks yang berkuah ketika sahur agar tidak kesulitan menelan makanan.
  • Berbuka puasalah dengan makanan yang berkarbohidrat sederhana agar tenaga dapat pulih dengan cepat.
  • Minum air putih 8 gelas. Bisa dibagi menjadi 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas saat sahur.
  • Lengkapi dengan olahraga ringan.
Sebenarnya mudah untuk mendapatkan tubuh sehat saat puasa. Hanya saja kebiasaan dan budaya sangat menyulitkan kita untuk menolak gorengan dan makanan serta minuman yang tidak baik bagi tubuh. 

Apa sih yang "enggak", untuk mendapatkan tubuh sehat. Lebih baik sekarang mulailah berlatih untuk mengatakan "tidak" terhadap gorengan. 

Selamat berpuasa....!!

Sumber gambar: akun @aqua_lestari @nutrisi_bangsa dan dokumen pribadi
buka puasa bersama danone indonesia

You Might Also Like

4 komentar

  1. Salut sama Danone tidak hanya memikirkan keuntungan tapi juga memikirkan kelestarian alam

    ReplyDelete
  2. wih informatif banget ini postingannya :O tapi buat memotivasi diri untuk olahraga itu lho..ehehe

    air putih memang lebih baik daripada teh/kopi buat berbuka, apalagi kalo airnya aqua :D

    ReplyDelete
  3. Wew, berarti tidur setelah shalat shubuh gpp kan, hahahah... Kalau kurang tidur, jadi sakit kepala parah. Katakan tidak pada gorengan? Ga ah :P

    ReplyDelete
  4. Setuju sih kalau abis sahur sebenarnya ya sholat dulu tidur ngak apa asal ada jeda.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.

Blogger Crony

Blogger Crony

Blogger Reporter ID

Blogger Reporter ID

ID Corner

ID Corner

Blogger Perempuan

1 Minggu 1 Cerita

1 Minggu 1 Cerita

Blogger Muslimah

Blogger Muslimah

Komunitas Emak-emak Blogger

Komunitas Emak-emak Blogger