Wednesday, June 21, 2017

Kenali Indikasi Anak Mengalami Alergi Susu Sapi

indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Walaupun ada banyak anggota keluarga yang mendampingi, tetap ada saja yang membuat moms panik. Pada tahun pertama kehidupan si kecil, seorang ibu harus mempersiapkan mental untuk tahan banting jika sewaktu-waktu anak sakit. Sudah semaksimal mungkin menjaga kesehatan dan kebersihan si kecil. Tapi tetap saja, si kecil mengalami sakit. Terutama berkaitan dengan pencernaan. Seperti perut kembung, muntah, diare dan lain sebagainya. Dari sekian banyak masalah pencernaan pada si kecil, masyarakat sering menyalah artikan sebagai tanda-tanda atau indikasi alergi susu sapi.  

Padahal tidak semua masalah pencernaan berkaitan dengan alergi. Apalagi alergi susu sapi, harus benar-benar moms kenali yaa... Memang tidak dapat dengan mudah mengetahui apakah si kecil mempunyai alergi atau tidak. Saya yang anaknya sudah 7 tahun saja, masih belum mengerti dengan jelas apakah anak saya mengalami alergi susu sapi atau tidak. 
indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Acara Talkshow Enfagrow A+
Gambar dokpri.
Lalu tanda-tanda atau indikasi apa saja yang bisa dikatakan anak mengalami alergi susu sapi? Untuk mengetahui lebih jelas mengenai hal tersebut, beruntung saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara talkshow yang diadakan oleh Enfagrow A+ (17/6) di Tanamera Cuissine daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tema talkshow tersebut adalah "Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi". 

Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Masih bingung tentang indikasi anak mengalami alergi susu sapi atau tidak.
Enfagrow A+ menghadirkan narasumber Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K). Menurutnya, sebanyak 50% bayi usia kurang dari 1 tahun mengalami masalah pencernaan pada usia dini yaitu mengalami gejala ketidaknyamanan pencernaan seperti kembung, sering buang gas, sakit perut, mual, muntah, BAB tidak lancar dan rewel tanpa sebab yang jelas.
indikasi anak mengalami alergi susu sapi
DR. dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K) narasumber talkshow "Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi".
Gambar dokpri.
Berbagai macam ketidaknyamanan pencernaan tersebut disebabkan oleh 2 hal, yaitu: 
  1. Nutrisi, meliputi gas dalam usus berlebihan, gangguan penyerapan karbohidrat, cara pemberian minum,  dan alergi protein susu sapi.
  2. Non Nutrisi, meliputi Motilitas, GER, Hormon Usus dan gangguan flora usus. 
Hal ini berarti ada banyak faktor yang menyebabkan si kecil mengalami permasalahan pencernaan. Alergi susu sapi hanyalah satu diantara banyak faktor penyebab anak mengalami permasalahan pencernaan. "Hanya 7% kemungkinan anak mengalami alergi susu sapi", tutur Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K).

Secara umum indikasi anak mengalami alergi susu sapi adalah, sebagai berikut:  
  • Nafas si kecil berbunyi
  • Si kecil mengalami batuk
  • Diare
  • Perut kembung 
  • Terdapat bintik merah pada kulit si kecil 
indikasi anak mengalami alergi susu sapi
M. Nuh Nasution, team ahli MeadJohnson.
Memandu tes alergi susu dari Enfagrow A+.
Gambar dokpri.
Untuk lebih jelas mengetahui apakah benar si kecil mengalami alergi susu sapi atau tidak, bapak M. Nuh Nasution team ahli dari Meadjohnson mengajak  moms untuk melakukan tes alergi susu sapi dengan klik indikasi anak mengalami alergi susu sapi.
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Tampilan website enfaclub
Nanti akan muncul pertanyaan-pertanyaan mengenai yang dialami si kecil. 
  • Pertanyaan pertama, "berapa sering si kecil menangis?" 
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Pertanyaan pertama dalam tes alergi susu sapi
  • Pertanyaan berikutnya, "berapa sering si kecil gumoh?
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Pertanyaan kedua dalam tes alergi suau sapi
  • Selanjutnya moms akan disuruh untuk memilih gambar tipe feses si kecil.
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Pertanyaan ketiga tes alergi susu sapi
  • Pertanyaan berikutnya, "Apakah kulit si kecil terdapat gejala dermatitis atopik?
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Pertanyaan ke empat tes alergi susu sapi
  • Selanjutnya, "Apakah pada kulit si kecil terdapat biduran?"
  • "Adakah gejala pada saluran pernapasan si kecil?"
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Cek juga apakah ada gejala gangguan pernapasan atau tidak
  • Setelah selesai menjawab pertanyaan, moms harus mengisi data moms dan si kecil.
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Jangan lupa isi data diri moms dan si kecil
  • Setelah itu barulah muncul skor dan hasil analisa, "apakah si kecil mengalami alergi susu sapi atau tidak?" 
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Tampilan skor dan analisa hasil tes alergi susu sapi
Selain memberikan kemudahan untuk tes alergi susu sapi, MeadJohnson membuat produk Enfagrow A+ Gentle Care 3 sebagai jawaban dari keresahan moms yang anaknya mempunyai pencernaan yang peka atau bahkan alergi susu sapi. 
indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Saya bersama Enfagrow A+ Gentle Care 3 
Enfagrow A+ Gentle Care 3 adalah susu pertumbuhan yang terdapat protein terhidrolisa atau dipecah sebagian di dalamnya yang ditujukan untuk anak 1-3 tahun. Protein yang terhidrolisa atau dipecah sebagian akan mudah dicerna oleh usus anak. Sehingga nutrisi di dalam tubuh terserap secara maksimal. Selain mengandung protein yang terhidrolisa sebagian Enfagrow A+ Gentle Care 3 semakin lengkap dengan kandungan nutrisi penting seperti Omega 3 dan 6, Kalsium, Zat besi, Asam Folat, Vitamin B1, B6 dan B12. Dengan adanya Enfagrow A+ Gentle Care 3, moms tidak perlu khawatir lagi bila si kecil mempunyai pencernaan yang peka atau bahkan alergi susu sapi.

Mengapa Meadjohnson sangat peduli terhadap permasalahan alergi susu sapi pada anak?

Karena permasalahan alergi terutama alergi susu sapi pada anak, bila terjadi berkepanjangan lebih dari 3 bulan akan mengakibatkan resiko kesehatan mental si kecil dikemudian hari. Resiko kesehatan mental seperti agresif, hiperaktif, cemas (anxiety), gangguan tidur, migren dan timbulnya alergi diusia dewasa nanti.

Selain mengetahui indikasi anak mengalami alergi susu sapi, hal yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui moms adalah penyebab mengapa anak usia kurang dari 1 tahun mudah sekali mengalami ketidaknyamanan pencernaan dan alergi. 
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
2 enzim yang bermanfaat dalam pencernaan si kecil 
Ternyata masalah pencernaan tersebut disebabkan karena fungsi atau sistem pencernaan si kecil belum matang secara sempurna. Sistem pencernaan yang belum matang mengakibatkan terbatasnya produksi enzim Laktase dan Enterokinase. Terbatasnya kedua enzim ini akan menyebabkan si kecil menjadi intoleran laktosa, alergi susu sapi serta permasalahan pencernaan. 

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi?
Alergi akan berkurang seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasi alergi sementara bisa saja dengan meminum obat, tetapi hal tersebut tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Karena dampaknya untuk kesehatan tidak akan baik bila berlebihan minum obat. 

Cara satu-satunya adalah pencegahan, pencegahan dan pencegahan. Karena hanya ada cara mengatasi gangguan pencernaan si kecil saja bukan cara mengatasi alergi. Pijat, mandi air hangat dan senam bayi adalah cara untuk mengatasi permasalahan pencernaan si kecil. Lalu bagaimana bila si kecil terlanjur alergi? Apa yang harus moms lakukan?

Bila si kecil mengalami alergi, yang harus moms lakukan adalah eksplorasi penyebab, catat makanan yang dikonsumsi dalam 3×24 jam terakhir, dan diskusikan dengan dokter. 
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Cara mengatasi ketidaknyamanan pencernaan si kecil
Naaah, sekarang saya sudah mulai paham mengenai indikasi anak mengalami alergi susu sapi dan penyebabnya. Sebagai seorang blogger, terpanggil hati ini untuk membagikan ilmu yang baru saja saya dapatkan dengan menuliskan informasi tersebut di blog. 

Di kesempatan yang sama selain memberikan ilmu mengenai kesehatan anak, Meadjohnson memberikan ilmu mengenai memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) blog dengan narasumber bapak Parjono Sudiono yang merupakan Head of Digital ZenithOptimedia and Perfomics Indonesia. 
indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Parjono Sudiono, Narasumber optimalisasi SEO talkshow "Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Alergi".
Dokpri.
Bapak Parjono Sudiono menjelaskan cara-cara untuk memaksimalkan SEO pada blog kita supaya informasi yang akan kita sampaikan di dalam blog bisa tersampaikan secara maksimal. 

Menurut beliau langakah awal adalah mengetahui secara pasti tujuan kita menulis blog. Setelah itu barulah kita sebagai blogger harus mengetahui 7 tips memaksimalkan SEO berikut ini:
  • Lakukan indeksisasi
  • Buat peta situs (sitemap) dengan sederhana
  • Mengerti pembaca kita, fokuskan kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian yang tinggi
  • Buatlah artikel yang shareable, bermanfaat, menarik dan original
  • Mudah diakses 
  • Hindari animasi-animasi yang memberatkan website
  • Selalu pantau bounce rate dan peringkat blog
Indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Para blogger foto bersama narasumber talkshow " Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi".
Gambar dokpri.
Yeeeaaay, senangnya bisa mendapatkan ilmu yang begitu banyak dan lengkap. Tetapi bila moms masih mempunyai informasi, tips dan lain sebagainya mengenai tumbuh kembang anak, kesehatan terutama mengenai alergi, boleh lho berbagi ilmu di kolom komentar. Semoga semakin membawa manfaat untuk orang banyak.

Oiya untuk moms yang masih penasaran dengan informasi seputar perkembangan anak dan tentang susu Enfagrow A+ langsung saja "kepoin" akun media sosial Enfa Club, yaitu:
indikasi anak mengalami alergi susu sapi
Semoga info yang saya tulis bermanfaat dan salam hangat untuk si kecil moms...

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.