5 Langkah Cerdas Memilih Kosmetik


Hay hay ladies!! Pernah enggak sih wajahnya iritasi karena kosmetik? Secara tahu kan yaa, dunia ladies tidak akan bisa terlepas dari kosmetik. Tanpa kosmetik seakan ada setengah dunia ladies yang hilang. *caelaaah..

Eeh, tapi bener lho. Selugu-lugunya ladies pasti di dalam hati nuraninya yang terdalam tetap menginginkan cantik. Sepolos-polosnya wajah ladies pasti sudah pernah terpapar oleh kosmetik. Ya iyalah... ya kali seumur hidupnya enggak pernah pakai bedak atau setidaknya lipstik. 

Naaah, ladies... enggak dosa kok kalau ingin cantik. Malah keharusan yaa. Setidaknya anggap saja ladies dandan untuk menjaga dan bersyukur atas nikmat cantik dari Tuhan. Eeits, tapi jangan sampai keinginan untuk menjadi cantik malah menimbulkan iritasi pada wajah yaa. 

Maklum, biasanya nih ladies pasti langsung tergiur membeli kosmetik baru setelah melihat iklan. Bagaimana enggak tergiur, lha wong bintang iklannya cantik banget. Saking cantik dan mulusnya wajah si bintang iklan, lalat yang hinggappun bisa kepleset dibuatnya. 

Padahal membicarakan kosmetik, pasti tidak bisa disama ratakan. Istilahnya cocok-cocokan. Dan hasilnya juga tidak akan langsung serta merta menjadi secantik dan semulus wajah si bintang iklan. Iyaa kalau cocok, nah kalau sudah mencoba tapi tidak cocok? Nanti malah ajan menimbulkan masalah baru lagi. Wajah bisa iritasi. 

So ladies, tetap harus cerdas dan waspada ya. Jangan sampai lapar mata semata. Naaah berikut 5 langkah cerdas dalam memilih kosmetik atau yang lebih dikenal dengan KPK3, yaitu:

KEMASAN
Kenali kemasan kosmetika dengan baik:
  • Jangan membeli kemasan atau sediaan yang rusak atau jelek.
  • Teliti kemasan dan wadah, baik penampilan fisik (segel rusak atau tidak) maupun isinya.
  • Produk yang masih baik mempunyai bentuk dan warna merata, stabil serta tidak bercak kotoran.

PENANDAAN/ LABEL 
Pastikan penandaan atau label tercantum jelas dan lengkap. Setiap kosmetika wajib mencantumkan penandaan atau label yang benar, meliputi:
  • Nama Produk
  • Nomor bets atau kode produksi
  • Nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi
  • Nama dan negara produsen untuk kosmetika impor
  • Netto
  • Komposisi
  • Tanggal kadaluarsa
  • Kegunaan dan cara penggunaan dalam Bahasa Indonesia, kecuali untuk produk yang sudah jelas cara penggunaannya.
KOMPOSISI 
Kenalilah jenis kulit atau rambut. Perhatikan komposisi bahan yang tercantum dalam komestika, hindari penggunaan kosmetika bila anda memiliki riwayat alergi, iritasi atau sensitisasi kulit terhadap salah satu bahan dalam komposisi kosmetika tersebut.

KEGUNAAN DAN CARA PENGGUNAAN 
Pilihlah komestika yang sesuai kebutuhan dan bukan karena iklan semata. Baca terlebih dahulu kegunaan dan cara penggunaan yang tercantum pada label (untuk produk yang belum jelas cara penggunaannya). 

KADALUARSA
Ingat!! Batas Kadaluarsanya jangan sampai lewat. Telitilah terkebih dulu waktu kadaluarsa sebelum membeli kosmetika.

Untuk mengetahui suatu komestika telah terdaftar atau ternotifikasi di Badan POM, dapat dilihat di website Badan POM dengan alamat www.pom.go.id. Tetapi kalau masih ragu-ragu juga, langsung saja hubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM.

Telpon : (021) 4263333, 32199000
Fax : (021)4244947
Email : ulpk@pom.go.id
ulpk@yahoo.com

Jangan tergoda iklan. Iklan kosmetika cenderung menampilkan kecantikan dan ketampanan public figure serta menawarkan sesuatu yang menggiurkan sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli. jangan mudah tergoda oleh iklan. Memilih kosmetika hanya berdasarkan informasi iklan merupakan suatu tindakan yang tidak objektif. 

So, be smart ladies....!!

Share:

0 komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.