Anyang-anyangan: Kenali, Pahami Dan Atasi


“Anak-anak, ibu ke kamar mandi sebentar ya. Lanjutkan diskusinya.” Kalimat tersebut entah berapa kali saya ucapkan pada saat mengajar di kelas hanya untuk buang air kecil. Biasanya keinginan untuk buang air kecil yang tidak tertahankan dan dalam intensitas yang sering tersebut, dikenal dengan istilah anyang-anyangan.
Walaupun sering dipandang sebelah mata, anyang-anyangan bisa sangat mengganggu aktivitas kita. Dari 2 x 45 menit waktu saya mengajar di setiap kelasnya, akan sangat terganggu. Mulai dari mengganggu konsentrasi mengajar, mengganggu konsentrasi belajar siswa bahkan yang paling fatal bahwa dengan semakin sering saya keluar meninggalkan kelas, akan menyebabkan siswa menjadi sulit dikendalikan. Itu baru dampak bila dilihat dari segi pendidikan. Sedangkan dari segi kesehatan, anyang-anyangan ternyata tidak kalah berbahayanya dengan penyakit menyeramkan lainnya. Karena ternyata, anyang-anyangan merupakan awal dari Infeksi Saluran Kemih (ISK). *iiiish sereeem yaa..Saya anyang-anyangan tahunya karena sering menahan buang air kecil saat sedang mengajar di kelas.

Agar terhindar dari bahaya anyang-anyangan, penting bagi kita untuk kenali, pahami dan atasi. Kenali terlebih dahulu, “apakah yang dimaksud dengan anyang-anyangan?”. Pahami, “apa sajakah penyebab anyang-anyangan?”. Dan atasi dengan cara yang tepat. 

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN ANYANG-ANYANGAN?
Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya. Namun volumenya sedikit-sedikit. Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK). Di saat buang air kecil air yang harusnya keluar banyak namun saat mengalami anyang-anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan disertai rasa nyeri.
Penyakit anyang-anyangan dapat diderita oleh pria maupun wanita, namun kenyataannya penyakit anyang-anyangan lebih banyak diderita oleh wanita. Resiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 %. Dan ada kemungkinan untuk berulang-ulang. Hal ini disebabkan karena secara anatomi, jara antara saluran kemih (uretra) dengan saluran pembuangan air besar yang berdekatan. Sehingga bakteri E.Coli penyebab anyang-anyangan mudah masuk ke saluran kemih. 

Berikut adalah gejala anyang-anyangan secara umum:
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering tapi volumenya sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Nyeri pada  anus jika terjadi pada pria.
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat lebih pekat dan yang lebih parah terkadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam. 
APA SAJAKAH PENYEBAB INFEKSI SALURAN KEMIH?
Anyang-anyangan merupakan indikasi awal dari Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan akan sangat berbahaya bila tidak ditangani dengan benar. Kita harus mengetahui faktor-faktor penyebab anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Ada beberapa faktor penyebab kita mengalaminya, yaitu sebagai berikut:
  • Sering menahan buang air kecil.
  • Kurang bersih pada saat membersihkan saluran pembuangan saat buang air besar.
  • Air dan peralatan yang dipakai untuk membersihkan sekitar area sensitif yang kurang bersih.
  • Terlalu banyak minum yang berefek diuretic seperti alkolhol, kopi, dan teh.
  • Bisa juga terjadi pada kondisi hamil dan cemas
  • Pembesaran prostat
  • Hipertosinitas dasar panggul
Dan sebenarnya masih ada beberapa faktor penyebab lainnya yang berkaitan dengan medis.

CARA TEPAT MENGATASI ANYANG-ANYANGAN
Dulu saat saya terkena anyang-anyangan masih bingung cara mengatasi atau mengobatinya. Maunya sih, tidak perlu sampai minum obat. Takut salah obat. Mencoba mitos dengan mengikat jempol kaki dengan jerami, karet atau dengan apapun itu sudah pernah saya lakukan. Tetapi sekarang tidak perlu lagi melakukan mitos yang seperti itu bila mengalami anyang-anyangan.

Karena sekarang saya sudah mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi anyang-anyangan. Salah satunya dengan menggunakan ekstrak Cranberry, yang di dalamnya mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri E.Coli yang menempel pada saluran kemih. 

Tapi kalau mencari buah Cranberry untuk mengobati atau mengatasi anyang-anyangan agak susah yaa. 

Eiiits, tidak perlu khawatir. Karena tanpa harus mencari buah Cranberry, anyang-anyangan juga bisa diatasi kok. Manfaat buah Cranberry sekarang sudah bisa kita dapatkan di Uri-Cran. Di dalam Uri-cran atau nama lengkapnya Prive Uri-Cran mengandung ekstrak buah Cranberry murni. 

Prive Uri-Cran kini telah tersedia dalam dua bentuk, yaitu kapsul dan serbuk. Keduanya sangat praktis dibawa kemana-mana. Memudahkan kita untuk meminumnya bila terkena anyang-anyanga. Untuk mendapatkannya pun mudah sudah tersedia di apotek, gerai guardian, century, Watsons, kimia farma dan viva generic. 
Naaah, sekarang tidak perlu panik lagi yaa kalau terkena anyang-anyangan. Tetapi juga jangan sepelekan penyakit sekecil apapun yaa... Karena seperti anyang-anyangan, penyakit yang sering disepelekan malah ternyata mengandung bahaya yang menyeramkan.  
“Penyakit yang paling berbahaya adalah penyakit yang membuat kita percaya kalau kita baik-baik saja.”

Share:

0 komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.