Tips Menjaga Kesegaran Makanan

Pernah mengalami masalah saat menyimpan persediaan makanan? Terutama sayur dan buah untuk keluarga. Pasti sering ya, merasa gregetan baru 2 hari di lemari es, sayur dan buah kok sudah busuk aja? Jadi percuma dech, sudah belanja stok makanan, sayur dan buah tetapi sudah harus membuangnya tanpa sempat diolah terlebih dahulu. 

Buat saya hal ini merupakan PR yang harus segera dicari solusinya. Secara wanita carrier gitu loh..*caelaaah... Membeli bahan makanan, sayuran dan buah untuk stok seminggu merupakan kegiatan yang sering saya lakukan di setiap weekend. Biar praktis. Tidak khawatir keluarga kekurangan makanan saat saya tinggalkan bekerja di luar rumah. Tetapi ya, memang selalu ada aja yang terbuang.

Ternyata bukan saya saja loh yang merasakan hal tersebut. Menurut data PBB jumlah seluruh makanan yang menjadi basi atau dibuang sebelum sempat dikonsumsi jumlahnya diperkirakan mencapai sepertiga dari jumlah total makanan. Bila merujuk perkiraan jumlah makanan yang diproduksi di seluruh dunia untuk makanan sehari-hari, berat makanan terbuang mencapai 1,3 juta ton setiap tahunnya. Data yang sama menyebutkan kerugian yang timbul mencapai US$ 640 juta di kelompok negara maju. Dan US$ 310 juta di negara berkembang. *iwoooow, ternyata selama ini banyak sekali makanan yang mubazir yaa?? Naaah, berarti penting ya mencari solusi bagaimana caranya agar makanan bisa bertahan lama sebelum dikonsumsi.

Berikut adalah tips menyimpan makanan agar tetap segar:
1. Jauhkan dari sumber bau menyengat
Dalam menyimpan makanan sebaiknya jauhkan dari benda-benda yang mempunyai bau menyengat, seperti contohnya gas. Karena makanan akan lebih cepat busuk bila terpapar bau menyengat. 

2. Tempatkan di kotak penyimpanan atau plastik penyimpanan
Menyimpan makanan di dalam kotak atau plastik penyimpan dengan rapat akan dapat memperpanjang waktu makanan agar tetap segar.

3. Pilih lemari es yang dilengkapi dengan teknologi inverter
Jangan abaikan masalah pemilihan lemari es. Mulai beralihlah menggunakan lemari es yang menggunakan teknologi inverter. Karena selain akan lebih hemat daya listrik, kesegaran makanan yang ada di dalamnya akan bertahan lebih lama. Yang biasanya  sayuran dan buah di lemari es konvensional bisa bertahan paling lama 3 hari, kini dengan lemari es inverter akan bertahan hingga 1 minggu.
Lemari Es LG Inverter Linear dilihat dari depan. Pict by Evi Fadliah.
LEMARI ES LG INVERTER LINEAR NATURE FRESH
Bagi yang belum tahu mengenai lemari es berteknologi inverter, nih saya berikan ulasannya. Kebetulan tanggal 21 Jui 2017 yang lalu bertempat di atrium mall Senayan City, PT LG Electronics Indonesia (LG) melaunching produk terbarunya lemari es LG inverter linear nature fresh. Lemari es pertama yang menggunakan teknologi inverter linear.


LG sebagai perusahaan elektronik global yang dikenal dengan berbagai inovasi di perangkat elektronik rumah tangga melakukan riset. Hasilnya, tantangan besar penyimpanan makanan dalam jangka waktu panjang bukan lagi pada panasnya suhu, melainkan fluktuasi suhu. Suhu yang stabil dan merata dikatakan menjadi kunci menjaga kesegaran makanan. 
Ini dia penampakan kabin di dalam lemari es terbaru LG Inverter Linear Nature Fresh
Sementara pada lemari es konvensional yang beredar di pasar saat ini, meskipun memberikan hembusan udara dingin, namun mengalami fluktuasi suhu tinggi di dalam kabinnya. Lalu, apa keistimewaan yang dimiliki lemari es LG inverter linear nature fresh? Yuk, mari kita ulik keistimewaan lemari es LG inverter linear nature fresh dibanding lemari es konvensional.
  • Memiliki kompresor inverter linear yang menghasilkan kesegaran lebih lama.
  • Kompresor dengan pengoperasian bertumpu pada satu tuas penggerak menjadikan lemari es LG Inverter Linear Nature Fresh hemat energi. Berbeda dengan lemari es konvensional yang mempunyai 4 tuas yang menyebabkan lemati es cepat panas.  
  • Mampu menjaga fluktuasi suhu dalam lemari es pada kisaran +/ - 0,5 derajat Celcius, 50% lebih stabil. 
  • Dengan LG Door Cooling suhu dalam lemari es yang merata dan lebih cepat dingin hingga 35% dubanding lemari es konvensional.
Saya foto bersama lemari es LG Inverter Linear Nature Fresh yang seharga 30 juta
Memastikan inovasi terbaru ini dapat menjangkau lebih banyak keluarga di Indonesia LG membenamkan seluruh teknologi tersebut ke dalam seri lemari es dua pintu Top Freezer terbaru. alasannya jenis ini merupakan lemari es paling populer di Indonesia.

LG LINEAR CHALLENGE
LG melaunching produk terbarunya dengan menggunakan cara unik mengkampanyekan pentingnya menjaga kesegaran makanan. Hal ini dilakukan dengan menggelar LG Linear Challenge.
LG Linear Challenge
Acara Launching Lemari Es LG Inverter Linear
Acaranya berlangsung dari tanggal 21 - 23 juli 2017. Uniknya kampanye ini mengajak masyarakat untuk membuat dan memainkan alat musik yang berasal dari buah dan sayuran. "Kampanye ini sekaligus membawa pesan pentingnya kesadaran akan permasalahan pemborosan makanan dalam masyarakat modern," ujar Jaeyoung Lee, Presiden Direktur PT. LG Electronics Indonesia.
LG Linear Challenge
Para Blogger mencoba memainkan alat musik sayuran
Lebih lanjut ia menyatakan, untuk memperkuat penyampaian pesan pada kampanye LG Linear Challenge ini, LG telah menyiapkan berbagai rangkaian acara. Termasuk di dalamnya, talkshow mengenai pentingnya kesegaran makanan untuk menyajikan hidangan sehat bersama chef Marinka. Dengan pengetahuan dan pengalamannya dalam dunia masakan, chef yang juga dikenal sebagai salah satu juri kompetisi masak populer Masterchef Indonesia ini, bakal membagi tips dan cara menjaga kesegaran bahan makanan sekaligus mengolahnya menjadi hidangan sehat. 
LG Inverter Linear
Pengunjung bisa langsung membuat alat musik sayuran dan dapat dengan langsung mencoba memainkannya
Seluruh pengunjung, dikatakan Jaeyoung Lee, bakal sangat menikmati rangkaian acara LG Linear Challenge sepanjang tiga hari ini. Hal ini karena selain berlangsung interaktif dengan memberi kesempatan pengunjung membuat sendiri dan memainkan alat musik dari buah dan sayur, LG juga mengadakan kompetisi diantara partisipan untuk mencari penampilan terbaik dalam memainkannya. Untuk membuatnya semakin meriah akan ada penampilan orkestra sayuran hasil kolaborasi musisi Indonesia dan Korea Selatan.
Bicara mengenai dipilihnya kegiatan ini tak lepas dari karakter unik dari buah dan sayuran. Karena ternyata tidak seluruh buah dan sayuran dapat dibentuk menjadi alat musik dan mengeluarkan bunyi nyaring. Dengan karakter unik buah dan sayuran membuat kedua bahan makanan ini cepat membusuk dan menjadi tidak layak dikonsumsi. Tidak heran bila kemudian buah dan sayuran memiliki kontribusi tertinggi di antara seluruh bahan makanan yang terbuang setiap tahunnya di seluruh dunia. 
lg linear challenge
Alat musik sayuran yang dipakai dalam penampilan orkestra sayuran di acara LG Linear Challenge
Daripada buang-buang makanan, sebaiknya kita mulai dari sekarang nih terapkan tips menjaga kesegaran makanan. Terutama dalam pemilihan lemari es yaa... Sebagai emak-emak harus smart dong dalam memilih yang terbaik untuk keluarga. Terutama dalam memilih lemari es. Lemari es LG Inverter Linear adalah solusinya. Solusi untuk mengurangi pembuangan makanan yang selama ini terbuang sia-sia.

Share:

7 komentar

  1. Wah keren ya mbak. Sama nih mbak, saya juga pernah banget buang bahan makanan spt sayur. Makasih ya infonya. Bisa buat rekomendasi jg ke teman2

    ReplyDelete
  2. Enak banget nih kalau punya lemari es LG inverter linear ini. Bahan makanan bisa disimpan lebih lama, terutama buah dan sayuran bisa tetap segar pula. Berapa ya kira-kira harganya?

    ReplyDelete
  3. Sunggguh jadi mupeng sama kulkasnya, foto dulu lah yak smaa kulkasnya Insha Allah ntr dimampukan belinya, betul nda bu guru :)

    Awalnya dna nyangka kalu itu buah dan sayuran bisa menghasilkan saur anyaring dan unik gitu, hhihihi...

    ReplyDelete
  4. Makasih share tips nya Mba

    ReplyDelete
  5. Wanita karir memang butuh banget kulkas lG inverter ini buat stock makanan, biar bisa masak kapanpun yaa

    ReplyDelete
  6. Wanita karir memang butuh banget kulkas lG inverter ini buat stock makanan, biar bisa masak kapanpun yaa

    ReplyDelete
  7. Ada Mak ntu yg lg niup lobak wkwkwk. Alhamdulillah sich kulkas drmh Mak punya kinerja yg mirip dg LG Linear nature fresh. Jd ngga sering juga buang2 bhn mknan. Tapi klo ada yg mo ngasih LG Linear series, tetep ditrima kog hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.