Serunya Mengajak Si Kecil Berkebun Dan Beternak di Kuntum, Tajur

Wisata edukasi kuntum

Yuhuu, sudah di bulan Juli aja nih. Artinya, libur sekolah telah tiba. Para orang tua sudah harus bersiap untuk mengajak si kecil liburan. Hayo, mau mengajak si kecil liburan ke mana? 

Untuk para orang tua yang ingin liburan di sekitaran Jakarta, saya punya referensi tempatnya nih. Tempat liburan keluarga yang ramah lingkungan dan yang pasti ramah di kantong. Nama tempatnya adalah Kuntum Farmfield atau yang lebih dikenal dengan Kuntum. Tempatnya tidak jauh dari Jakarta, yaitu di jalan Tajur Raya, Bogor. Sekitar 2 atau 3 jam dari Jakarta. Kalau mau lebih cepat, lewat tol Jagorawi aja. Karena tempatnya dekat dengan tol Jagorawi dan ternyata tidak jauh dari pusat Kota Bogor. 
Wusata edukasi kuntum
Ke Kuntum lebih seru kalau ramai-ramai
Kuntum merupakan kawasan agrowisata edukatif yang memadukan peternakan, perikanan, perkebunan dan pertanian berbasis organik. Motto tempat ini yaitu “back to nature, chemical free, and friendly environment”. Ada apa aja di Kuntum? Yuk, mari kita lebih lengkap lagi mengenal tempat ini.

Kuntum mempunyai konsep seperti restoran Istana Nelayan di daerah Serpong yang sudah pernah saya review di tulisan sebelumnya. Baca di sini.
Wisata edukasi kuntum
Bagus juga untuk berfoto
Di Kuntum, para orang tua bisa mulai memperkenalkan banyak macam-macam hewan dan tanaman kepada si kecil. Tempatnya di tata sedemikian rupa sehingga suasananya terasa sejuk dan semakin asri dengan adanya suara gemericik air dari kolam ikan yang banyak dijumpai di sana. Sambil membeli tiket masuk, pengunjung disuguhi berbagai macam bibit tanaman hias dan perkebunan serta hasil peternakan yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

Setelah membeli tiket seharga Rp 40.000,00 per orang, pengunjung bisa langsung masuk ke area Kuntum. Suasana sejuk dan asri langsung terasa dengan adanya kolam ikan di sepanjang pintu masuk area peternakan. Ada kolam ikan lele, ikan alligator, patin hingga ikan Koi. Pengunjung bisa memberi makan ikan dengan membeli pakannya seharga Rp 5.000,00 di tempat pembelian tiket masuk. Agar suasana lebih terasa layaknya di perkebunan dan peternakan, Kuntum menyediakan caping untuk dipakai secara gratis. Tetapi itu harus dikembalikan ya. 

Selain memberi makan ikan, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di Kuntum. Yang kesemuanya itu pasti akan membuat si kecil semakin mengenal berbagai macam hewan dan tanaman dengan cara yang menyenangkan. Kegiatan yang bisa dilakukan di Kuntum (berurutan dari arah pintu masuk), yaitu:
  • Bermain dan memberi makan kelinci dan marmut
Setelah melewati ruangan peminjaman caping, pengunjung diberikan pilihan berdasarkan papan petunjuk arah. Ke arah kiri terdapat tempat pembibitan tanaman dan sayuran organik serta terdapat toilet yang sangat menyatu dengan alam dan mushola lengkap dengan mukena bagi pengunjung perempuan. Sedangkan bila pengunjung memilih untuk lurus terus, akan menemukan kandang domba. Di sebelah kirinya terdapat tempat untuk membeli makanan dan susu hewan yang menyatu dengan kandang kelinci di sebelah kanan dan marmot disebelah kiri. Makanan hewan bisa dibeli seharga Rp 5.000,00 sedangkan susu untuk hewan seharga Rp 15.000,00.
Wisata edukasi kuntum
Kelincinya menggemaskan
Setelah membeli makanan hewan, pengunjung bisa langsung memberi makan atau susu hewan. Ataupun kalau tidak mau membeli makanan dan susu hewan juga boleh lho. Jadi langsung berinteraksi aja dengan hewan-hewan yang ada di sana. Kelinci dan marmutnya menggemaskan, sedangkan hewan yang lain juga sudah jinak lho. Masih aman buat si kecil. Kandangnya bersebelahan tidak jauh dari kandang kelinci dan marmut.
Wisata edukasi kuntum
Memberi makan kambing di Kuntum
  • Memancing ikan
Di area selanjutnya, si kecil bisa diajak untuk memancing ikan di kolam. Bisa untuk mengajarkan si kecil kesabaran. Ikan hasil pancing ditimbang, dibeli dan bisa dibawa pulang lho.
  • Menangkap ikan
Sambil menyusuri jembatan yang kanan kirinya terdapat kolam, di area agak ke bawah dari kolam pancing terdapat kolam untuk menangkap ikan. Kegiatan ini merupakan favorit si kecil. Karena dengan beramai-ramai bisa bermain basah-basahan menangkap ikan. Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih kerjasama, motorik, dan reflek si kecil. Dengan membayar Rp 100.000,00 si kecil bisa menangkap ikan dengan riang. Dan hasil tangkapannya nanti seberat 2 kg bisa dibawa pulang. Ikannya ikan mas dengan ukuran lumayan besar. Cukup sesuai dengan harga yang dikeluarkan. Agar lebih murah bayarnya, patungan aja.
Wisata edukasi kuntum
Serunya nangkap ikan ramai-ramai
  • Belajar menanam Padi dan Panen Sayur serta buah organik
Kegiatan ini akan lebih seru kalau dilakukan ramai-ramai. Bisa banget nih, untuk rombongan field trip TK dan SD. Di kegiatan ini, si kecil diajak untuk belajar menanm tanaman organic yang sehat dan bebas kimia.
  • Mengenal kerbau albino
Kuntum mempunyai koleksi kerbau unik, yaitu kerbau albino. Areanya berada di dekat area menanam.
  • Memberi pakan unggas
Area unggas ini berada di sebelah kiri dari area memancing ikan dan memanjang hingga tembus ke area menangkap ikan. Di area ini terdapat berbagai macam unggas seperti, bebek, angsa, ayam kalkun, ayam, bahkan nyempil di satu kandang terdapat kura-kura juga lho. Si kecil bisa memberikan pakan unggas selain itu kalau beruntung si kecil bisa melihat secara langsung unggas-unggas tersebut bertelur dan mngerami telurnya. Sayangnya area ini memang lebih bau ketimbang kandang hewan lainnya.
  • Mono robotic
Si kecil bisa diajak belajar merakit robot sederhana dengan beragam bentuk menarik serta dapat dikembangkan sesuai dengan keinginan.
  • Melukis caping dan bakul
Kegiatan ini pasti akan membuat si kecil senang karena mereka bisa bermain cat warna untuk melukis caping dan bakul tempat makanan hewan. Ternyata kegiatan ini mempunyai banyak manfaat lho, yaitu melatih kreativitas, imajinasi, kerjasama,motorik halus, dan jiwa seni.
Wisata edukasi kuntum
Harus mencoba naik kuda poni
  • Naik kuda poni
Area ini berada di paling ujung. Kegiatan yang bisa membantu melatih keseimbangan motorik anak, melatih otot dan persendian badan. Melatih kepekaan dan perasaan dengan kuda poni yang dinaiki. Kalau si kecil mau naik kuda poni, bisa langsung membeli tiketnya di konter dekat kandang kuda seharga Rp 30.000,00 untuk satu kali putaran. Menurut saya sih untuk seharga itu, masih terlalu singkat rutenya.

Fasilitas yang ada di Kuntum cukup lengkap. Pengunjung tidak perlu kuatir dengan fasilitas toilet, mushola, hingga cafetaria, karena semuanya itu ada di Kuntum. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan fasilitas itu semua, jadi tidak perlu lagi harus berlarian menahan pipis menuju toilet yang jauh. Selain itu juga disediakan banyak pendopo yang dilengkapi meja dan tempat duduk yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pelatihan yang berhubungan dengan agrobisnis, gathering, atau hanya untuk sekedar melepas lelah juga bisa. 
Wisata edukasi kuntum
Berfoto di depan kolam cafetaria Kuntum 
Oiya, yang tidak kalah pentingnya adalah walaupun area Kuntum sangatlah luas, pengunjung tidak perlu kuatir tersesat karena pada saat membeli tiket masuk, pengunjung dapat mengambil brosur mengenai Kuntum yang di dalamnya terdapat denah area. Dan lebih lengkap lagi dengan adanya papan petunjuk arah yang memudahkan untuk pencarian tempat yang akan kita kunjungi. Petunjuk arah tersebut mudah dijumpai dan dimengerti.  

Pokoknya Kuntum cocok sekali untuk liburan keluarga. Liburan yang mepunyai banyak unsur edukasinya. Mumpung liburan sekolah belum berakhir, hayuk ajak si kecil ke Kuntum. Atau bagi anak-anak TK atau SD bisa juga lho mengadakan kegiatan semacam field trip ke Kuntum.   
Wisata edukasi kuntum
Kuntum Farmfield
Jl. Raya Tajur no. 291 Bogor, Jawa Barat 16145
Telp. : 0251-8244725
WA   : 0877-2078-1000 / 0812-1040-8070
Web : www.kuntumfarmfield.com
FB    : facebook.com/kuntum.farmfield
IG     : @kuntumfarmfield

Wisata edikasi kuntum


Share:

0 komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.